BRUNO Guide, Build, Tips and Trick, Story & Quotes - Mobile Legends



Bruno Guide / Gameplay

Bruno adalah salah satu Marksman yang memiliki Stun pada skillnya, sangat jarang marksman diberkahi skill untuk stun target. Selain itu, kapan lagi lu bakal maenin hero TUKANG SLEDING di game bergenre moba.

Kelebihan lain dari Bruno adalah ia memiliki mobilitas yang bagus, selain itu Skill 1 nya bisa dibuat hilang CDnya hanya dengan mengambil bola yang ia tendang.

Kelemahan dari Bruno ialah ia cukup boros Mana, jadi kamu mungkin akan beberapa kali pulang diawal battle hanya untuk isi Mana.

Bruno biasanya mangkal di Mid Lane dari awal battle sambil farming kiri kanan, dan roaming kiri kanan bila perlu.

Saat war, seperti biasa kalo MM ambil posisi di barisan belakang sambil siaga adanya Assassin musuh yang mengincar kamu. Usahakan Skill 2 tidak dipakai dulu jika tidak benar-benar perlu agar kamu bisa kabur ke posisi paling aman jika memang ada Assassin yang mau kill kamu.
Kamu bisa nendangin musuh yang bagian depan dulu, namun cobalah fokus untuk yang HPnya lebih sedikit, syukur-syukur mm/maga lawan khilaf dan maju kedepan dan bisa jadi mangsa utama buat kamu.



Bruno Skill / Combo

Skill Pasif - Mecha Legs
Setiap kali Skill Bruno memberi damage pada lawan, maka Crit Chance Bruno naik  4% dan dapat bertumpuk hingga 5x, ini berarti maksimalnya adalah 20%.
  • Manfaatkan skill pasif ini untuk memaksimalkan Crit Chance kamu, dengan seringnya Critical damage keluar maka semakin cepat kamu menghabisi target kamu.
  • Kamu bisa dengan cepat memaksimalkan skill pasif ini menggunakan ulti/skill 3. 
  • Skill yang memberi damage pada minion ataupun monster jungle tetap crit dari skill pasif.
  • Jika di depan kamu ada 3 minion dan 2 hero musuh, dan jika skill 1/2/3 kamu mengenai mereka semua  maka crit chance langsung naik 20%.

Skill 1 - Volley Shot - CD: 10 detik - Mana: 80
Menendang bola kearah target, deal damage dan memberi efek slow.
  • Skill ini asik buat poke/harass target dan juga membantu bersihin minion lebih cepat karena bolanya ga berhenti ketika kena minion pertama.
  • Bola dari skill ini akan memantul jika terkena tembok/batu dan hero lawan.
  • Kalau kamu ambil bolanya sebelum CD habis, maka CD skill ini akan hilang dan skillnya bisa langsung dipakai lagi.

Skill 2 - Flying Tackle - CD: 7 detik - Mana: 60
Bruno melakukan sleding ke target, target yang kena sleding akan mendapat stun dan terkena damage.
  • Skill ini memiliki banyak manfaat, karena sleding itu sendiri merupakan Charge, mirip seperti Flicker. Dengan skill ini kamu bisa mengejar musuh kamu, bisa juga untuk mundur dengan cepat saat darah menipis.
  • Kamu bisa memberi kejutan juga ke target dengan sleding secara tiba-tiba dari semak kemudian mengstun mereka sambil melancarkan serangan dasar.
  • Stun berlaku untuk minion dan jungle monster, lord dan turtle.
  • CD skill ini dapat hilang dengan instan jika kamu mendapat bola yang digunakan pada skill 1.

Skill 3/Ulti - World Wave - CD: 38 detik - Mana: 140
Menendang bola energi ke target, target harus berupa hero lawan (jadi ga bisa digunakan jika hanya minion/jungle monster yang ada pada jarak tendangan). Target akan dipukul mundur dan armornya berkurang, serta jika ada hero lainnya atau minion atau momon maka bola akan memantul selama beberapa saat.
  • Serangan ulti ini biasa digunakan untuk menguras HP lawan dengan pantulan bola energi.
  • Makin dekat antara target dengan objek/hero pantulannya maka akan semakin cepat bola memantul dan memberi damage lebih banyak .
  • Maka dari itu biasanya musuh yang berkumpul langsung berpencar saat Bruno ulti.

Prioritas Skill: Prioritaskan Skill ke Skill 1 karena skill tersebut membuat CD lebih cepat hilang. Kamu juga bisa memrioritaskan skill 2 jika lebih memerlukan Mobilitas/Pergerakan cepat.


Combo Skill Bruno cukup variatif, sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Skill Combo I:  Skill 1 - Ulti - Attack - Attack - Attack - Attack - Skill 2 - Attack -  Attack - Attack

Skill Combo II :  Skill 2 - Attack - Attack - Attack - Skill 1 - Attack - Attack - Attack - Ulti - Attack - Attack - Attack




Spell: 
  • Retribution (Disarankan), untuk farming dengan cepat.
  • Inspire/Fury (Alternatif), untuk mempercepat tembakan dan menambah damage
Emblem: Phisycal / Jungle



Bruno Build / Gears / Items

Build MM biasanya tidak jauh-jauh dari Attack speed, Lifesteal dan Crit, begitu juga dengan Bruno. Kali ini saya akan tampilkan Buildnya Salah satu Top Player yaitu solid > RBEH (sorry karna beda karakter).



1. Demon Hunter Sword: Menambah Attack Speed dan Lifesteal.
2. Swift Boots: Menambah Attack Speed dan kecepatan gerakan.
3. Berserker's Fury: Menambah Attack dan Crit Chance. Critical Attack membantu kita menghabisi lawan lebih cepat karena damage yang diterima musuh lebih besar.
4. Malefic Roar: Menambah Attack dan Penetrasi Fisik. Penetrasi fisik dapat membantu menembus armor lawan, sangat membantu dalam melawan tank.
5. Scarlet Phantom: Menambah Attack Speed, Crit Chance dan sedikit Attack.
6. Rose Gold Meteor: Menambah Attack, magic Res dan Lifesteal. Fungsi utama item ini adalah agar kita mendapat shield saat HP turun di bawah 30%.

Top Global Player Build Bruno / Best Build Bruno







Bruno Tips and Trick

  • Selalu ingat bahwa mengambil bola pada Skill 1 Bruno dapat menghilangkan CD dari Skill 1 dan Skill 2. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk farming monster lebih cepat, terutama karena bola yang ditendang di skill 1 dapat memantul kembali ke kamu.
  • Kombinasi skill 1 dan skill 2 juga bisa dimanfaatkan buat mengejar tempat/target dengan cepat. Caranya Tendang bola dengan skill 1 kemudian kejar bola dengan skill 2, setelah bola dapat maka kedua CD skill akan hilang dan kamu tinggal mengulangnya hingga sampai ke tujuan.
  • Fast farm adalah hal yang wajib bagi pengguna mm. usahakan ga ada momon nanggur di daerah kamu. 
  • Ingat bahwa Ulti Bruno akan bergerak lebih cepat jika target berdekatan dan jumlahnya lebih sedikit. CC Hero seperti Tigreal, Ruby dan Gatot akan sangat bagus jika berada di tim kamu karena mereka dapat membantu itu terjadi.
  • Dengan build seperti diatas, harusnya kamu ga perlu repot-repot buat fokus ke barisan belakang lawan (biar Assassin kamu yang urus bagian belakang lawan), gapapa serang barisan depan lawan namun prioritaskan pada yang HPnya lebih sedikit, fighter misalnya.
  • Saat kabur menggunakan Skill 2 Bruno, usahakan untuk menembus tembok agar musuh lebih sulit mengejarnya. Bisa juga dengan mengarahkannya ke semak agar kuncian musuh terhadap kamu ter-reset.


Bruno Quotes / Kata-kata yang diucapkan Bruno

Wait for it | Tunggu saja

Hey, very nice kick.. give me the ball | Hey tendangan yang sangat bagus, berikan padaku bolanya
Oh sorry | Oh, maafkan aku 
Woohoo! You feel that? | Wuhu! kau merasakannya?
I'm on top of the world! | Aku ada di puncak dunia
Ball away | Ball away!



Bruno Background Story / Latar Belakang Bruno (English)

Born in the slums, Bruno was always more frail than other children his age, but this did not prevent him from having a heart that yearned for freedom. One day in a terrible incident, Bruno lost both of his legs trying to save a friend, causing him to pretty much give up on life. The scholars of Eruditio however heard his story, and out of pity for his misfortune and admiration for his bravery, they decided to use the city\'s most advanced technology to make a new pair of legs for him. When Bruno was finally able to stand on two legs again, he was surprised to discover that his mechanical legs allowed him to run like the wind. To express his gratitude, Bruno vowed to always protect the City of Scholars to his dying breath. Eruditio in turn made an energy ball weapon that works with his mechanical legs, and from that day, anyone who tried to cross the citizens of Eruditio were met with Bruno\'s merciless attacks. The people simply call him The Protector.
Sekian Tips dari saya, semoga membantu, jika ada yang ingin ditambahkan atau  dikoreksi silahkan lakukan di kolom komentar.

Catatan: semua deskripsi diatas dapat berubah jika ada penyesuaian hero seperti misalnya Nerf, Buff/Revamp, Remodel/Remake, dan semacamnya.

Sumber Informasi dan Gambar: MobileLegends

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "BRUNO Guide, Build, Tips and Trick, Story & Quotes - Mobile Legends"

  1. Kalau mau kabur pake skill, dari skillnya ngarahinnya.
    Pencet skillnya, tahan dulu jangan langsung dilepas, misal mau mundur, arahin ke belakang dulu, baru lepas

    BalasHapus