Push Rank Solo Sampai Legend (Tips & Trick) by ZenithGod

Mobile Legends merupakan game yang butuh kerjasama tim untuk menang. Ada yang bermain secara solo, yaitu yang mathching up sendirian, kemudian digabung dengan pemain lain, Ada juga yang sudah punya tim sendiri walaupun tidak selalu lengkap 5 orang.



Pemain yang punya tim sendiri punya kesempatan lebih besar buat menang, karena ia tau sejauh mana skill temannya, dapat melihat ping teman sebelum match, lebih mudah diajak komunikasi, dll. Sedangkan pemain solo jelas kebalikannya.

Sebelum gw urai tulisan ZenithGod yang ditulis Forum Mobile Legends, ada hal yang perlu gw kasih tau juga. Main solo itu musti siap secara mental, secara kita ga tau bakal dapet tim kayak apa, maksud gw, lu match up sendirian atas kemauan sendiri terus mau ngarep tim yang sempurna, kan aneh, jelas ga selalu dapet tim bagus, kita lihat gimana cara main anggota tim, kita improvisasi dengan mereka.

Gw sendiri udah ngerank sampai legend, jadi gw bisa pastiin bahwa tulisan berikut adalah hal yang positif dan bisa dipraktekkan (btw gw ngerank ga selalu solo).

PraKata (Dari ZenithGod): Gw sudah bikin post tentang tips dan trik untuk push rank, dan kemudian gw bikin akun baru untuk membuktikan bahwa lu ga perlu rekan satu tim untuk push rank (rasanya seru juga bikin tantangan untuk diri sendiri). Tulisan ini pada dasarnya adalah tentang perjalanan gw dan apa yang gw pelajari dari sana, Dan lu juga bisa pelajari ini.
Dari postingan ini, ambil yang elu perlu aja, ga perlu ngikutin semuanya, gw cuman bikin daftar tentang apa-apa aja yang hasilnya bagus dalam battle dan berhasil buat GW, karena tiap orang beda-beda. Ambil apa yang menurut lu perlu dan tinggalkan yang lu ga mau, terserah sama kamu. Nama akun: [Zenith]

ADC Build Gw: Nimble Blade (Item Jungle Attack Tier 2), Endless Battle/Tooth of Greed, Swift Boots, Blade of Destruction/Thor's Sting (Sekarang udah jadi Windtalker),  Blade of Destruction/Thor's Sting, Blade of Despair.
Jual Boots kemudian beli Immortality saat kamu udah cukup gold, ata jual Nimble Blade untuk Tooth Of Greed/Scarlet Phantom atau opsi lainnya, and kemudian jual Thor's Sting (Windtalker) untuk Blade of Despair.

Mage Build Gw: Enchanted Talisman (Buku ungu), Arcane Boots, Dominance Ice, Flame of Fury (Sekarang udah jadi Glowing Wand, cmiiw)/Frost, Flame of Fury/Frost, item ke-6 bebas beli apa aja. Kadang gw juga beli CDR Boots (Magic Shoes), Jual sepatu untuk item immortality atau item mage jika kamu ga butuh movement speed.

Tank Build Gw: Hunter's Knife/Pillager's Axe (ini item dua-duanya udah ganti nama, pusing gw yang mana, wkwkwkwk), Cursed Helmet/Warrior Boots, Cursed Helmet/Warrior Boots, BloodThirsty King, Demon's Advent/Dominance Ice/Brute Force Plate, Demon's Advent/Dominance Ice/Brute Force Plate, Jual jungle item buat item lain yang kamu suka, jual boot jadi immortality pas udah bisa.

________________________

Warrior, Elite, Master: 


Cukup mudah, tidak banyak yang bisa dikatakan. Lu bakal ketemu banyak AFK di peringkat ini, tapi tidak apa-apa. Lujuga bakal bertemu banyak tim tanpa komposisi. Itu juga gapapa. Sejujurnya tidak banyak perbedaan antara tier ini, kecuali kenyataan bahwa ada lebih banyak troll di tingkat Warrior.

Tips Gw di Rank ini:

  • Pilih ADC, atau Balmond (Build Tank) atau Alucard. Ga masalah walau di tim udah ada 4 ADC, pilih aja. Alasan kenapa lu milih balmond/alucard karena mereka bisa bersihin jungle dengan sangat cepat.
  • Pilih Spell Retribution. Ini akan mempercepat farming minions dan jungle.
  • Di rank ini, rekan tim lu mungkin ga mau denger/ga tau apa yg musti dilakuin, lu harus ambil inisiatif sendiri untuk ganti lane. Kalau lu bertiga di lane atas, lu pindah sendiri ke lane bawah/tengah. Jangan ngarep mereka yang pergi terus marah-marah ke mereka. Set up default lane adalah 2-1-2
  •  Masih soal tim lu mungkin ga mau denger, jangan ngarep mereka mau, kalau mereka mau itu bagus. Namun kalau mereka ga mau, inget bahwa mereka mungkin bener-bener pemula (ga begitu paham dengan game ini)
  • Saat game baru dimulai, bersihin lane terus kill 1 jungle monster di deket lu, terus aja ulang-ulang tiap lu bersihin lane. Kalo lu ngelakuin ini, bisa dipastiin lu yang terdepan di game. 
  •  Jangan ngegrup terlalu cepet, atau lu bakal kehilangan banyak EXP dan Gold yang berharga. Gw bisa bilang lu ngegrup kalo udah level 12 keatas, ketika yang lain masih level 8-10.
  •  Kalau lu make ADC, pakai rekan tim lu sebagai tameng. Hindari berada di lane terdepan. Ini karena kebanyakan pemain di rank ini bakal spam ulti ke mereka yang paling depan (walaupun yang paling depan ADC juga, siapapun bisa dijadiin cover). Pengambilan posisi juga penting. Cobalah ngehajar barisan belakang mereka, karena barisan depan mereka cenderung ngehajar barisan depan elu, membuat barisan belakang mereka rentan. Waktu terbaik buat ngehajar barisan belakang mereka yaitu ketika barisan belakang mereka menarget barisan depan tim lu, karena kebanyakan mereka ga lock target dan jarang ngecek health bar, ngasih easy kill buat kita
  • Counter jungle, Serang momon di hutan lawan kapanpun dimungkinkan. Jarang dari mereka yang ngejungle secara konsisten. Kunci dari Counter jungling adalah yang penting ga keliatan kita merayap ke jungle mereka, Tapi di rank ini hampir semuanya ga merhatiin mini-map jadi lu seharusnya bakal baik-baik aja.

________________________

GrandMaster: Sedikit lebih sulit, komposisi tim jadi agak penting. Gw bisa bilang di GM III+ lu ga bisa selalu ambil ADC dan cobalah fokus pilih yang diperlukan tim. Balmond (lagi, build TANK), biasanya bener-bener bagis karena ia bisa membuat jadi carry selagi ngetank untuk 3 ADC di tim lu. Gw selalu ngebuild Pillager Axe (tier kedua defensive jungle item), karena lu bisa nge-counter jungle dengan mudah.




Tips Gw di Rank ini:

  • Counter jungle selalu sangat efektif. Lu harus lebih hati-hati, karena bisa aja ada player yang mungkin kayak elu yang selalu ngejungle secara konsisten untuk dapatin keunggulan yang sama. 
  • Kalau lu mau unggul di awal, jangan buru-buru ngegrup.
  • Pakai Retribution, bakal ngebantu bersihin jungle secara cepat. 
  • Seperti biasa, kalo lu pilih ADC, gunakan rekan tim sebagai tameng.
  • Perhatikan lokasi rekan tim di map. Jangan selalu menganggap mereka tahu lu mau kemana (pada dasarnya, jangan ngarep mereka peduli kecuali mereka sedang kearah lu atau lagi di dekat lu)
  • Ping (Tanda seru, dan tanda lainnya seperti serang atau mundur) sudah lebih penting, dan beberapa rekan tim sudah lebih peka
  • Ngegank juga sangat penting, selalu cari celah menguntungkan. Pahami mana yang mudah digank (Layla, Eudora) dan mana yang sulit digank (Alice, Akai).
  • Lu sekarang harus merhatiin waktu yang dipakai buat ngejungle. Lu ga harus melacak tiap detik (ya kalo lu mau bisa aja sih, tapi gw nggak), perhatiin aja kapan biasanya mereka (momon dan minions) respawn. Sebagai contoh, jika gw ngejungle di awal game, gw udah level 3 dengan 3/4 Exp (ke level 4) dan momon akan respawn lagi. Ini juga berlaku bagi musuh jika mereka ngejungle di awal battle, artinya lu bisa bersihin lane secara cepat dan ambil jungle mereka sementara mereka ngebersihin lane (jauh lebih cepat dengan retribution), selama lu tau kapan mereka (momon jungle) spawn.
  • Lu juga harus perhatikan skill yang digunakan dan waktu CDnya. Misalnya lu make Akai dan lagi lawan Nana. Jangan bodoh main lompat-lompat aja saat Nana belum make skill kucingnya. Coba aja dipancing-pancing (baik oleh lu sendiri atau rekan satu tim), dan kemudian baru lompat. Coba pahami kapan biasanya CD tiap hero berakhir, jadi lu tau kapan musti nyerang dan kapan musti nahan serangan.
  • Sejujurnya lu ga perlu-perlu amat Lord di rank ini. Trick buat mengakhiri pertandingan adalah semuanya (lu dan anggota tim lu) semuanya sembunyi di semak (di depan atau belakang Lord) terus tunggu hingga mereka datang ngehajar lord. Kemungkinannya adalah orang-orang di rank ini ga tau kalau kamu bisa ngeliat animasi skill jika Lord sedang diserang. Kemudian kalian serang mereka bersama-sama, lawanmu mungkin akan panik dan lebih mudah untuk dihabisi, jangan lupa untuk mengincar adc/mage/healer terlebih dahulu.
________________________

Epic + Legend: Lu mungkin bakal kalah beberapa game secara streak, khususnya karena banyak duo di rank ini. Pilihan terbaiknya adalah tunggu kira-kira 10 menit setelah kalah, jadi lu ga ketemu dengan orang yang sama lagi (Gw ga ngelakuin ini, tapi buat yang kesulitan naik sih ini seharusnya dapat membantu). 

Perhatikan gambar profil calon lawan lu, lu seharusnya bisa lihat mana yang bakal sulit dilawan dan mana yang nggak. Biasa ga lebih dari 2 adc di rank ini, walaupun gw masih ngeliat ada yang make 3 adc dalam tiap 6 pertandingan dan semacamnya. 

Dengan adanya nerf ke Nimble Blade dan spell Retribution, terserah elu mau makai mereka apa ngga, gw masih ngambil jungle item yan harganya 250 gold. 

Legend pada dasarnya hanya versi yang lebih sulit dari Epic, lu hanya perlu ningkatin level dari tips dan trick yang sudah ada.

Tips and Trick: 


  • Komposisi Tim cukup penting. Gw bisa bilang 2 adc aja paling banyak dan keberadaan tank adalah SANGAT penting.
  • Di rank ini, hampir semuanya ngutan diawal pertandingan, Kalo Lu ngajak temen ngutan setelah ngebersihin minion (yang mana memang seharusnya dilakukan tiap momon jungle respawn), mereka cenderung bakal ngikut.
  • Lu seharusnya tau sebuah pertandingan akan berjalan baik atau ngga, dan main secara pasif atau agresif sesuai dengan keadaan
  • Lu mungkin bakal ketemu wajah yang familiar untuk sementara, lu seharusnya udah paham gimana cara main mereka (seberapa pro mereka) dan menyesuaikan diri musti main secara pasif atau agresif.
  • Dan karena lu bakal ketemu dengan beberapa wajah yang familiar, hindari debat atau bacot baik dengan tim sendiri maupun lawan. Ini bisa bikin lu dikerjain oleh mereka ketika lu ketemu lagi dengan mereka.
  • Kepekaan terhadap map SANGAT penting di rank ini. Perhatikan siapa yan bisa digank, atau bantu teman yang kena gank. 
  • Hindari kena gank. Sering terjadi game over ketika tim lu dateng buat selamatin lu satu dan semuanya malah kena kill.
  • Counter Jungling jadi lebih menantang, namun lebih bermanfaat dari rank-rank sebelumnya. Mereka bakal lebih sering ngeliat lu (di mini map) dan jika lu ketangkep memang cukup fatal. Disisi lain, jika lu berhasil ngecounter-jungle, lu ga hanya naikin exo lu, namun juga ngurangin exp mereka yang berharga, karena berbeda dengan rank lainnya, lebih dan lebih banyak lagi orang yang makai jungle buat farm. 
  • Saat ngecounter jungle, bawa junglenya kesemak-semak, karena lu lebih sulit buat dilihat dan memperkecil kesempatan mereka nyuri jungle yang lu proses, karena mereka ga bisa narget si momon.
  • Pahami tiap-tiap hero dan apa yang bisa mereka lakukan. Misalnya kalau ada pengguna fanny di pihak musuh (ga peduli dimanapun lokasinya, selama masih di dalam game) dan lu masih duduk di tower tanpa recall, lu pantas kena kill.
  • Kelola Risk VS Reward (resiko dan manfaat) secara bijak. Kalo lu merasa lebih baik dari yang lawan lu, buat apa by 1 dengan yang dia hanya buat trade damage? Nyawa lu jauh lebih berharga dari darahnya orang yg ga jelas. Disisi lain, jika lu tau ada lawan lu lebih kuat dari lu, hajar aja. (Oke tips yang satu ini, khusus buat yang bener-bener pro). 
  • Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam Risk VS Reward. Lu harus mikir "apa yang terhadi SETELAH gw kill dia?" dan "Apa yang terjadi SETELAH dia kill gw?". Lebih spesifik lagi: "Bisa gak gw kill Turtle/Lord setelah dia mokad?" dan "Bisa gak gw rubuhin tower setelah dia mokad?". Gapapa kalo lu ga inget dengan tips ini sampai lu ketemu dengan pertandingan (yang lebih) kompetitif. Tapi ingatlah tips berikutnya ini: 
  • Mungkin ini tips Risk VS Rewards yang paling pentung. LIHAT KE MINION. Coba deh pikir "Berapa banyak dia bakal hilang Exp/Gold kalo dia mati?" Jika semua minions masuk tower terus mereka habis gitu aja dimakan tower, maka itu sebuah kill yang berharga. Jika dia mati tanpa kehilangan minion maka kill tersebut ga begitu guna. Pemain yang baik rata-rata paham dengan hal ini.
  • Mungkin salah satu yang paling bikin gw jengkel. KALO LU BISA END, MAKA END! 4 dari 5 musuh mati di game? END AJA! Gw jengkel kalo ngeliat orang nyuruh attack Lord padahal gw terus-terusan nyuruh "Attack!" (base tower). Plis, kalo posisi udah kayak gitu langsung aja End game. (Kecuali timer menujukkan kalo hampir semua musuh udah dekat waktu respawnnya).
  • Pahami komposisi tim dan cara mainnya. Ini didapat dari pengalaman. Contoh simplenya adalah apakah tim kamu lebih ke team fight atau ke split pushing (push secara terpisah). Ada Fanny/Natalia di tim tapi kalian kalah jauh? Cobalah buat nahan tim musuh dan biarkan Fanny atau Natalia split push. Ada Franco di tim dengan tim yang cukup bagus? Tunggu sampe Franco ngehook target yang penting, kemudian baru mainkan tim fight.
  • Contoh yang agak rumit yang datang dari pengalaman adalah, melihat siapa yang paling gemuk (kill dan assist) diantara mereka. Jika ada satu musuh yang ngehancurin tim kalian, misal Clint, kalian masih bisa bekerja sama - dan harus fokus kepada Clint. Ini yang sering bikin gw kalah, ketika gw jadi carry satu-satunya, dan ketika mereka fokus ke gw pakai CC (paling ngeganggu, Yun Zhao), maka game selesai, game over.
____________________
My progress on [Zenith] (this is for ranked WR only):
Warrior to Elite: 100% Overall WR
Elite to Master: 100% Overall WR
Master to Grandmaster: 100% Overall WR
Grandmaster to Epic: 5 losses, 91.53% Overall WR
Epic to Legend: 7 losses, 87.37% Overall WR
Legend to GL (Only 17 stars): 1 loss, 88.29% Overall WR
Games I’ve lost from GM to Epic: http://imgur.com/a/ZMWP0
Epic to Legend: http://imgur.com/a/XVH7V
Games I’ve lost from Epic to Legend: http://imgur.com/a/MHrGU
 ________________________

Good luck climbing, if you have any questions let me know I`ll probably be making a few video guides later on to show what Im actually describing and what to do.
________________________
Originally Written by ZenithGod di Forum Mobile Legends





Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Push Rank Solo Sampai Legend (Tips & Trick) by ZenithGod"

  1. Trimakasih min sangat berguna

    BalasHapus
  2. Trimakasih min sangat berguna

    BalasHapus
  3. membantu min.. dan benar sekalih banyak player jika memang sudah bisa end game malah nyuruh atyack lord dan tidak memperhatikan keadaan musuh brapa detik mereka akan respawn. itu juga sering gw alami min.. penting banget. kudu end ya end.. jngn attack lord :) ntar dicomeback ikhlas bintang lagi. thanks min

    BalasHapus
  4. Sangat membantu min....
    Tpi bagai mana min buat ngatasin orang"yg gak mau kalah... Pas timnya kalah pasti selalu ngebuli orang" yg mendapat tropi paling kecil... Dan sering ngomong dengan kata" yg gak seharusnya... Kaya'omong kotor.bilang noob lah.ngajak berantem lah itulah inilah...
    Kan wajar dalam setiap permainan kadang kalah dan kadang menang....
    Karena dalam permainan kalah menang kan suatu hal yg wajar dan biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yang kayak gitu, biasanya mimin silent, jadi apapun yang dia chat tidak kebaca oleh kita.

      Caranya: tap pada skor pertandingan, kemudian kan disamping kanan nama dan item dia ada icon chat, tap aja icon tersebut nanti ada lambang blokir, maka chat dia jadi terblokir dan kita tidak perlu melihat ocehan sampahnya.

      Hapus
  5. Adc itu apa?
    Ada apa dgn cinta bkn

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADC adalah Attack Damage Carry, bisa dibilang itu adalah hero dengan damage yang tinggi, untuk tier bawah, Adc itu biasanya MM (Marksman), sedangkan untuk tier atas ADC itu bisa Assassin, MM, Mage, dan fighter.

      Ada apa dgn cinta bkn?
      Bukan dek bukan, untung lo manis jadi gw maafin

      Hapus