Jangan Salah Kaprah, Panduan Laning Moonton Hanya untuk Pemula


Pada update yang baru-baru ini keluar di Advance server kita dapat melihat ada icon lane pada tiap hero. Icon tersebut menunjukkan lane mana yang seharusnya kita ambil saat menggunakan hero tersebut.

Kami sendiri telah memperhatikan baik-baik pemberian posisi tersebut dan setuju bahwa banyak dari  itu adalah posisi laning yang benar, benar namun untuk pemula, untuk yang baru bergabung dengan game ini, dan untuk pemain yang ada di tier awal seperti Warrior, Elite dan Master.

Posisi Laning yang ditunjukkan oleh icon:
  • Mid Laner (jalur tengah)
  • Side Laner (jalur kiri/kanan)
  • Jungler (area hutan)
  • Roamer

Yang paling menarik disini adalah adanya posisi Jungler seperti Karina dan Selena dan kebanyakan Assasin lainnya. Jika kalian bermain Mobile Legend cukup lama, kalian pasti paham bahwa tidak ada Role Jungler murni di game ini karena semua orang bisa membersihkan lane dengan cepat, kemudian ngejungle sebentar, kemudian ngelane lagi.

Sebagai acuan perbandingan, kita lihat Onmyoji Arena (sebuah Moba mobile juga), Jumlah Minion yang spawn lebih banyak dan lebih cepat, jadi mereka yang bermain di Lane tidak punya banyak waktu untuk Jungling, inilah mengapa Onmyoji Arena memiliki Role Jungler murni. Jungle biasa baru keluar untuk ngegank dan membantu lane yang sedang terdesak.

Tank dan Support, didominasi oleh Roamer, ini adalah posisi yan tepat, Tank dan Support sudah seharusnya "momong" calon Carry hingga "jadi". Momong yang kami maksud adalah mengikuti Carry untuk membantunya leveling, ganking dan juga menjaganya agar selamat dari musuh.

Jika kalian memperhatikan permainan di tier Legend dan Mythic, atau simpelnya nonton saja di turnamen/esport mlbb, hampir semua pemain melakukan roam, kamu roam, dia roam, semuanya roam. Salah satu kunci dari game ini sebenarnya memang ada pada Map Awareness yang tinggi, sehingga kita peka untuk roam.





Fighter didominasi oleh Side laner, ini juga merupakan posisi yang tepat, pada Meta saat ini Fighter biasanya ditempatkan di Top Lane secara solo agar mendapat lebih banyak gold.


Assassin, disini mereka diberi icon Jungler dan Side laner. Seperti yang kami katakan sebelumnya, MLBB tidak ada yang namanya Jungler murni, di tier-tier tinggi Assassin lebih diandalkan ketimbang Marksman, terutama yang ingin menyelesaikan match secara cepat. Maka dari itu Assassin pastinya mengandalkan Minion, Creep dan Hero kill untuk meningkatkan gold dengan cepat, dan membeli item yang baik untuk meningkatkan burst damage mereka.

Assassin yang memiliki burst damage dan mobilitas tinggi seperti Gusion dan Lancelot seharusnya berada di Mid. Sedangkan mereka yang bisa split push dengan cepat seperti Hayabusa dan Helcurt seharusnya berada di Side Lane.
 

Marksman,  Jika melihat pada icon, maka mereka didominasi oleh mid laner. Well, ini adalah meta lama ya, dari jauh sebelum Monster Buff jadi lebih sulit untuk dikill. Untuk Meta yang sekarang, Marksman lebih cocok untuk di Lane bawah bersama dengan Support.


Mage, didominasi oleh Side Laner, Mage yang memiliki mobilitas tinggi dan damagenya sakit dari early game sebaiknya berada di Mid, seperti Harley, Harith, Lunox dan Kagura.


Cukup sekian pembahasan laning untuk kali ini, semoga membantu teman-teman memahami posisi mana seharus kita menggunakan hero.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Jangan Salah Kaprah, Panduan Laning Moonton Hanya untuk Pemula"