Mobile Legends Tips & Trick

Oke langsung aja, game ini sebenernya bukan cuman soal build item sama combo skill aja, ada banyak hal yang sebenernya ngebuat tim kita nguasain pertandingan.
Tips yang ada disini buat saling ngisi aja, jadi kalo lu ada tips silahkan tambahkan di kolom komentar. 
1. Usahakan Level dan Gold lebih tinggi dari lawan.  
Game ini cukup simpel sebenernya, tiap kita naik level, stats kita naik dan skill juga keupgrade, dengan kata lain, attack lebih sakit dan deff juga lebih kuat. Ada caranya buat naik level lebih cepet dan gold lebih banyak. Caranya dengan ngabisin minion sama momon2 yang ada di jungle. Jadi tiap beberapa detik kan keluar itu 1 wave minion, nah abisin minionnya, kelar itu langsung abisin juga momon jungle terdekat. Gitu aja terus di early game, lane jungle lane jungle, yang jelas pastiin tower aman saat ngejungle. Level sama gold kamu pasti ngisi secara maksimal ketimbang hanya jaga tower aja dan cuma farming minion. 
2. Sering-sering cek mini map 
Sering2 ngecek map buat memahami keadaan kawan, keadaan permainan, ngecek tower yang rawan, ngecek tower musuh yang ada celahnya buat diancurin, dan lain sebagainya. Jangan sampai dibilang buta map dan mukill, alias kerjaannya nyari kill mulu ga mau merhatiin yang lainnya. 
3. Gunakan Ping (Tanda Seru) untuk berbagai keperluan 
Ping bisa dipakai buat ngasih tau temen buat inisiatif ngelakuin sesuatu, misalnya ngedeff tower yang lg kosong, atau ngasih tau posisi musuh yang ngedekat, selengkapnya ada di file tentang ngebaca Ping. 
4. Gunakan Lock Mode 
Secara default, fitur ini ngga aktif, jadi musti diaktifin terlebih dahulu dari Profile >> Option >> Controls >> Hero Lock Mode >> On. Fitur ini memungkinkan kita buat milih hero mana yang mau diserang saat ada lebih satu hero berdekatan. Ini berguna bener pas war, misal pas lg 5 vs 5, hero musuh yang ada di dekat kamu bakal muncul ikonnya, misal yang diincer adalah miya, klik aja icon miya, nanti dia bakal kekunci dan serangan kamu akan fokus ke dia selama dia dalam jangkauan. Ini item wajib buat Assasin dan marksman. Kalau sedang war, sebaiknya memang incar hitter lawan (karena biasanya serangan kita masuknya ke tank lawan), dan ini memudahkan kita buat menang. 
5. Gunakan Last Hit Attack Mode 
Secara default, fitur ini ngga aktif, jadi musti diaktifin terlebih dahulu dari Profile >> Option >> Controls >> Last Hit Attack >> On. Fitur ini memungkinkan kita buat memilih mana yang ingin diserang diantara hero lawan, tower, dan minion/monster. Jadi misal nih, kamu lagi mau push tower, tapi ada hero lawan di tower itu, bukannya serangan kena tower malah kena lawan, klik aja ikon tower di layar kamu dan serangan akan fokus ke tower. begitu juga dengan minion/momon. 
6. Jangan abisin waktu kamu buat ngetik, apalagi ngebacot.  
Pemain solo sih paham biasanya, suka ada pemain2 yang ngerasa dirinya hebat, jadi dia ngebacot aja nyeramahin timnya sendiri sepanjang pertandingan. Ujug2 dia sendiri ga guna. Suasana main juga udah ga enak kalo ada orang kayak gitu. Dan juga kebanyakan bacot di game biasanya dianggap bocah, retard, terbelakang, dsb. 
7. Main game dengan teman kesempatan menang lebih besar 
Main game dengan teman di game kesempatan menangnya memang lebih besar, ketimbang main solo. Ini paling kerasa kalau main ranked game. Kalau main solo suka ketemu player “bocah” itu tadi, kadang dianya ga bisa main, kita jengkel sendiri, kadang kitanya yang ga bisa ngimbangin skill mereka, kita malu sendiri. Kalo main dengan teman, menang ya seneng, kalah ya maklum, funnya masih dapet. Btw “temen” itu kan bisa dicari dengan ngeadd pemain lain setelah pertandingan, cari aja pemain yang mainnya bagus terus add aja. Kalo dia acc kan bisa mabar dengannya. 
8. Pahami Role, jangan egois 
Ada beberapa role di ML, seperti Marksman, Mage, Fighter, Tank, Suport, dll. Saat sesi pemilihan hero, biasanya Marksman yang paling cepet dipilih (Ini memang hero-heronya paling mudah makainya, dan kesempatan MVP paling besar). Pahami role, kalau kamu sudah lihat ada 2 marksman di room itu, pilih role yang lain aja seperti fighter atau mage. Marksman serangannya kuat tapi deffnya kecil, jadi mudah abis darahnya, nah kalau satu tim kebanyakan marksman, malah enak musuh ngegarapnya. 
9. Pahami Posisi yang baik buat kamu dalam game 
Untuk posisi usahakan 1 marksman di mid/tengah, Mid adalah posisi yang paling bagus buat marksman karena dia bisa farming momon kiri kanan. Semakin cepat si marksman jadi, maka masa depan tim kita bakal cerah. Secerah senyuman cewe yang lu suka. Fighter biasanya di Bottom karena ada buff physical disitu, sedangkan assasin dan mage biasanya diatas karena ada buff cd disitu. 
10. Pahami Duet yang bagus buat hero kamu 
Di early game, saat memasuki pertandingan, cari duet yang cocok buat kamu, misalnya Eudora dengan Franco, si franco cyduk terus distun oleh eudora. Atau Yun Zhao dengan Freya, yuyun cyduk itu musuhnya, terus langsung dilompatin ma freya nah kan knock down tuh, langsung ngebuff sama ulti aja freyanya biar kelar sekalian. Jadi teamworknya mantep. Kadang ketemu tim yang tank sama tank satu lane atau Mm sama mm satu lane kan kurang cocok aslinya. 
11. Tips mudah nyari Gear atau Item Build 
Daripada repot-repot nanya di grup sebenernya ada cara yang mudah buat nyari item untuk suatu hero. Lihat aja buildnya top player untuk hero tersebut. Jadi misal kamu pengen buildnya Alice, Buka menu Rank, Pilih tab Hero, Pilih Alice, nanti ada deretan top player untuk alice, nah cek aja past result dari 3 hingga 5 orang top player yang ada nanti kamu bakal ngeliat item apa yang mereka pakai, dan kamu tinggal nyontek itu aja, kemudian sesuaikan dengan gameplay kamu pribadi. 
12. Tips buat epic comeback 
Biasanya, saat ketinggalan jumlah kill dan jumlah tower dari lawan, rekan tim kita udah ada aja yang pencet Initiate Surender alias Mulai Menyerah. Di game ini ada batasan untuk jumlah gold dan jumlah item buat kedua tim. Jadi kalo tim kita lagi dalam keadaan tertekan ya deff aja dulu, deff sampai item pada jadi, toh musuh juga terus-terusan ngirim minion buat kita farm. Deff sampai item kita menyamai equip lawan, baru mulai nyerang juga. Setelah item kita pada jadi, Paling enak sih mancing musuh ke base kita, habisi mereka satu persatu baru kemudian ramean ke markas lawan. Kecuali lawannya pro ya, boro2 deff, ada dalam jangkauannya dikit aja langsung disikat.

13. Ketahui apa yang bisa dilakukan lawan kamu
Sangat baik jika bisa mengetahui kemampuan apa saja yang dapat dilakukan oleh hero musuh, jadi kamu bisa lebih siaga dalam menyerang. Misal, Bruno bisa dengan mudah stun kamu walaupun sebelumnya jaraknya cukup jauh. Fanny dapat menghabisi kamu walaupun kamu berada dalam area turret.
14. Perhatikan Ulti Teman
Kamu dapat membuat combo yang lebih baik jika dapat memperhatikan apakah ulti teman tersedia atau tidak. Ada titik warna hijau di avatar teman kamu di bagian atas kiri layar. Jika ulti dia tersedia maka titik akan berwarna hijau, jika tidak tersedia maka akan berwarna abu-abu.

15. Perhatikan Waktu Respawn Lawan dan Teman
Kamu dapat melihat kapan musuh akan bangkit kembali (respawn) pada kanan atas layar (di samping skor pertandingan). Ini sangat bermanfaat ketika Late Game dan tim kita sedang mendominasi atau sedang mengusahakan comeback.

Jadi jika banyak musuh respawn dalam waktu bersamaan, silahkan tahan dulu, sebaliknya jika musuh masih pada lama respawnnya, langsung aja cari celah buat dapatin basenya.

15. Gunakan Voice Chat / Discord bagi yang Mabar Jarak Jauh
Bagi kamu yang mabar dengan teman yang jaraknya jauh atau tidak tatap muka, sebaiknya menggunakan voice chat. Lebih baik lagi jika menggunakan Discord karena dapat berkomunikasi bahkan sebelum game dimulai. 
Dengan adanya voice chat, komunikasi dan koordinasi pun akan menjadi lebih mudah, dan tidak perlu repot-repot ngetik.


-----

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mobile Legends Tips & Trick"

Posting Komentar