Cara Masak dan Membuat Resep di Ragnarok M: Eternal Love


Masak-memasak adalah hal yang cukup menyenangkan di Ragnarok Mobile, well selain karena makanannya nanti bisa jadi buff buat kita, bisa buat beri makan pet juga, makanan bisa membuka banyak poin di Adventure Book.

Selain itu, desain gambar dari makanannya juga bagus-bagus, enak gitu dipandang mata. Oke langsung aja kita ke Questnya.

Baca juga: Daftar Resep Masakan di ROM: Eternal Love

Kunjungi NPC Entrance untuk masuk ke Cooking Association. Letaknya ada di Prontera di dalam istana, arah jam 12 kalau di Peta.


Kalau sudah masuk, kerjakan Quest dari NPC 3 ini, agar dapat buku masak. Eh kalo ga salah yang pertama doang dah yang dapet buku masak, tapi dua lainnya juga penting questnya.


Nah nanti kan dapat Quest memasak juga tuh, sedangkan kita gak dikasih tau apa aja bahannya, apa resepnya, masaknya make apa.

Ternyata kita harus eksperimen sendiri gan.

dah kayak orang cerdas aja ya disuruh ekperimen sendiri. Pertama-tama, pastikan agan-agan sudah dapet Buku Masaknya setelah menyelesaikan Quest, bukunya ada di tas namanya Cookbook.



Jadi untuk masak-masak itu, kita musti punya dulu bahan-bahannya, apakah harus nyari dulu dari Monster seperti pada Quest NPC pertama? tidak, kita cukup beli bahan-bahan dari NPC yang tulisannya "Primary Ingredients" kalau yg berbahasa Indonesia mungkin beda nama NPCnya. Ada di pojok kanan atas map.

Untuk yang Rare ingredients, itu untuk pemain tingkat lanjut, jadi yang pemula belum bisa beli.



Bahan-bahan makanan yang dijual adalah:
  • Poring Apple
  • Smokie Grape
  • Lunatic Meat
  • Rocker Leg Meat
  • Vadon Meat
  • Hydra Meat
  • West Gate Tomato
  • South Gate Carrot
Beli aja semua bahan tersebut yang kira-kira cukup untuk eksperimen/percobaan membuat masakan. Kalo Mimin sendiri beli sekitar 30 masing-masing bahan.

Selanjutanya buka Cookbook atau Buku Masak di Tas kita, kemudian tap/klik pada Icon berbentuk Panci. Nanti ada 4 pilihan alat memasak. Banyak yang menyebut kompor tapi ya bukan kompor aja isinya.


1. Kompor Klasik


2. Panggangan


3. Gw juga gak tahu ini apa, Panci sihir kali ya


4. Stan atau Gerobak pembuat Es Krim


Terus sekarang tinggal eksperimennya aja. Pilih dulu alat masaknya, terus kemudian pilih bahan-bahannya.

Misal nih, gw pilih gerobak Es Krim, kemudian gw pilih Tomat. Nanti di pojok kanan bawah ada sebuah Chance untuk keberhasilan makanan yang kita buat tulisannya masih tanda tanya (???????) karena kita belum pernah membuat makanan tersebut, dan belum ada di buku resep kita. Tap/Klik saja start.


Setelah tap/klik Start, sambil bilang "Sim salabim jadi apaaaa? prok prok prok", gerobak akan joged-joged beberapa detik, kemudian muncullah makanan yang kita buat.

Jreng  jreeeeengggg Ternyata dia jadi Rookie Salad bro!


Kalau sudah jadi kayak gitu, ia pun akan muncul di buku masak kita. Dan untuk membuat Rookie Salad lagi kita ga perlu main tebak-tebakan karena resepnya sudah ada di buku masak


Terus lakukan eksperimen misalnya, Daging di masak di kompor, kemudian daging dimasak panggangan, daging dimasak di Panci, bahkan jangan ragu buat nyoba masa daging di gerobak es krim!

Sebagai contoh ni sekali lagi, Gw pilih beberapa bahan, kemudian milih Gerobak Ice Cream, (untuk bikin dalam jumlah banyak tap terus aja bahannya nanti jumlahnya naik) kemudian gw start, Sim salabim jadi apaaaaa? prok prok prok


 Dan setelah dibikin ternyata menjadi Rookie Sushi, Rookie Sashimi dan Rookie Fruite Plate, jadi bisa 3 masakan sekaligus.


Coba terus membuka banyak makanan baru, dan tentunya resep juga jadi terbuka.

Resep-resep makanan yang kebuka itu nanti akan menambah koleksi kita juga di Adventure Book sehingga level adventure kita pun bertambah.


Nah terus gunanya buat apa tuh makanan?
Well, buka aja kotak makanan di Tas, pilih Foodnya, nanti ada fungsinya disitu, bisa untuk:
  • Open to Publik
  • For Party (untuk party)
  • For myself (untuk diri sendiri)
  • For Pet (untuk pet)

 Nanti kalau sudah tingkat lanjut, beli bumbu dan bahan rare untuk membuka lebih banyak makanan.

Makanan itu kan kebanyakan ngasih buff sementara ya, nah nanti-nanti juga ada yang ngasih buff permanen, belum tau juga gw gimana caranya, mudah-mudahan bisa ikut ngebahasnya di Irumira.

Semoga guide ini bermanfaat, terima kasih.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Masak dan Membuat Resep di Ragnarok M: Eternal Love"