Penjelasan Beragam Jenis Quest di Ragnarok M: Eternal Love


Ada cukup banyak macam Quest di Ragnarok Mobile, pemula juga suka bingung yang mana yang musti dikerjain dulu, kadang bingung juga itu beberapa Quest kok nongol terus.

Daripada bingung-bingung ga jelas, ini kami share penjelasan jenis-jenis Quest dari ROM Newbie Book.


Main Quest

Quest utama, biasa disebut Quest Merah dan menceritakan tentang lore (story) di game ini. Reward dari Main Quest bervariasi. Sebagian besar adalah EXP dan Zeny.


Sub Quest

Quest sampingan, biasa disebut Quest Hijau, namun sangat mempengaruhi progress Adventure Handbook-mu. Reward dari quest ini biasanya Emoji, Hairstyle, dsb.


Daily Quest 

Quest ini, biasa disebut Quest Biru. Quest ini adalah quest berulang, sering ditemukan dikota. Beberapa contoh Daily Quest adalah seperti Quest Board, Monster Wave, Rift/Crack Fixing, dsb.


Bard Quest

Quest unik ini dapat ditemukan disetiap kota. Quest yang diberikan NPC bard ini tingkat kesulitas diatas Main Quest. Contohnya seperti kill 300 monster tertentu. Reward dari Quest bard adalah Unlock Crafting Equipments pada kota dimana Bard Quest dikerjakan. Selain itu juga unlock seperti Fun Toys, Hairstyle, dsb.


Headgear Quest

Headgear Quest sering ditemukan dikota-kota. Reward dari quest ini adalah resep Headgear yang nantinya dapat dicraft. Quest yang diberikan oleh NPC sering kali:
  1. Membunuh Miniboss/MVP
  2. Mengambil foto dari Miniboss/MVP yang dibunuh
  3. Berikan material langka yang didrop oleh Miniboss/MVP tersebut.


Photo Quest

Quest ini terbilang cukup mudah karena kita cukup mengambil foto saja. Reward dari quest ini adalah membuka lokasi spot foto (baca halaman Adventure Handbook untuk spot foto).





Battle Quest

Quest battle dengan NPC, rewardnya adalah Battle Token item yang jika digunakan akan mendapat EXP dan Job EXP. Contoh awal Battle Quest ada di Byalan, Underwater Sea, yaitu Freeman dan Andrew.




Elite Quest

Biasa disebut Quest Ungu. Quest ini hanya ditemukan ketika Base Lv. 60, keluar pertama kali di Kota Payon. Rewardnya bervariasi.


Guild Quest

Quest yang hanya terdapat pada Guild Hall. Rewardnya adalah Silver Badge yang digunakan untuk keperluan guild seperti Valhalla Ruin (Guild Raid).



Elite Bard Quest

Sama seperti Bard Quest, namun quest ini tingkat kesulitannya diatas Bard Quest yang biasa.


Glast Heim Quest

Quest ini hanya dapat ditemukan di Glast Heim. Reward dari quest ini bervariasi, jika diselesaikan akan mendapat Costume Weapon diakhir quest Glast Heim.

Pro Tips: Item Tracker

Di dalam daftar quest, kamu mungkin akan menemukan secara tidak sengaja quest dengan tanda "X" merah seperti pada gambar. Sebenarnya ini bukanlah quest, namun item tracker. Kamu bisa mengaksesnya melalui inventory dan memilih salah satu item. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa memantau dimana kamu bisa mendapatkan item, dan berapa item yang sekarang kamu miliki.


Pro Tips: Gunakan Market untuk mencari Item yang kita cari

Setelah kamu paham menggunakan Item Tracker, kamu bisa menggunakan trick ini untuk mencari item yang tidak ada di Inventory milikmu. Pergilah ke Market, kemudian cari item yang ingin kamu dapatkan di dalam Market. Setelah itu gunakan Item Tracker agar kamu dapat mengetahui darimana item itu berasal.


Semoga bermanfaat, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Beragam Jenis Quest di Ragnarok M: Eternal Love"

Posting Komentar