5 Hal yang Paling Bikin Stres di Game Bergenre MOBA


Orang bermain game pada dasarnya untuk mendapatkan hiburan dan kesenangan. Namun di dalam game yang sifatnya kompetisi atau pertarungan, hiburan dan kesenangan tentunya akan didapatkan jika kita menang. Kalau kalah tentu saja kita akan kesal.

Kalau kalah sekali atau dua kali mungkin kita masih bisa mengontrol diri. Kalau sudah kalah terus-menerus alias lose-streak tentu saja kita akan bermain dalam keadaan kesal dan sebentar-sebentar mulai mencari kesalahan orang lain. Belum lagi ditambah keinginan untuk berkata kasar.


MOBA sendiri merupakan salah satu tipe game paling kompetitif, bagaimana tidak, hampir semua mode yang ada adalah PVP (Player VS Player). Jadi kita tinggal login, pilih mode, dan langsung war. Banyak hal positif dari Genre ini, salah satunya adalah tidak perlu berurusan dengan Player Sultan dan tidak perlu capek-capek grinding. Namun ada beberapa hal yang bikin stress di tipe game ini, diantaranya:

1. PUBLIK

Memang kesal kalau kita berhadapan dengan musuh yang terlalu kuat, namun bagaimana jika musuhnya ada di tim kita sendiri? Ini adalah makanan sehari-hari bagi player solo, duo dan trio. Karena teman setim yang didapat adalah random/acak maka tidak jarang kita mendapat pemain yang benar-benar merugikan di tim. Tipe-tipe Publik yang paling bikin jengkel adalah:
  • Bermain dengan buruk
  • Feeder
  • AFK
  • Ngambekan
  • Belajar Hero di Ranked Game
  • Ngetroll
  • Maruk Buff
  • Egois
  • Bacod sepanjang game
  • Menggunakan Gear yang tidak sesuai dengan rolenya
  • Mukil
  • Gak paham hal-hal dasar seperti Retreat dan Gather
Kadang dalam satu match, ada orang yang memiliki 2 atau 3 sifat diatas sekaligus, kebayang kan pusingnya. Main game malah jadi stress gara-garanya.

2. Akun Jokian dan Akun Smurf

Joki dan Smurf merupakan hal yang biasa di game MOBA. Kamu yang bermain di tier menengah ke bawah mungkin pernah melawan pemain yang tidak bisa disentuh dan terlalu jago untuk ukuran tier tersebut, kemungkinan besar itu adalah akun smurf atau akun yang sedang dimainkan oleh Joki.

Hal menjengkelkan lainnya tentang ini adalah ketika kamu bermain satu tim dengan akun yang sudah dijokikan orang lain, jadi dia tiernya sama dengan kamu, namun cara bermainnya jauh dibawah kamu, dan tak pelak menjadi beban di tim.

3. IMBALANCE

OP (Overpowered) dan Imba (Imbalance/tidak seimbang) mungkin sering terlihat di judul yang dibuat oleh Youtuber sebagai click bait, namun faktanya beberapa karakter di game Moba memang seperti itu. Berhadapan dengan karakter OP yang digunakan oleh pilot yang tepat tentu saja akan merusak kesenangan di game.

Karakter yang OP, biasanya akan membuat banyak Kill, dari kill ia akan mendapat banyak Gold, dari Gold ia membuat Gear Buildnya lebih cepat jadi dan disitulah kita seperti sedang melihat "One Man Show".

Well sang developer game mungkin saja akan membuat penyesuaian (adjustment seperti nerf dan buff) terhadap karakter tersebut, namun mereka juga tentu memerlukan waktu dan lebih banyak data untuk mengkonfirmasi penyesuaian.

4. Fokus Tingkat Tinggi

Game Moba bukanlah game yang bisa ditinggal-tinggal, ini merupakan game yang memerlukan fokus yang tinggi. Kita tidak bisa main game Moba sambil nonton TV kecuali hanya mendengar suara TVnya saja karena mata kita harusfokus ke karakter kita dan  sering-sering melihat ke mini-map.

Kita juga tidak bisa bermain game Moba sambil melayani pembeli karena tangan kita harus selalu menempel pada perangkat yang kita gunakan, dan baru mendapat jeda ketika karakter kita mati dan menunggu untuk respawn.

Intinya ini bukanlah game yang bisa dimainkan sembari melakukan kegiatan aktif, bahkan ketika sebuah telepon masuk, kita harus memastikan bahwa ia adalah orang yang cukup penting untuk kita angkat teleponnya.

5. LAG

Bisa dibilang ini adalah penyebab utama pemain suka berkata kasar. Lagi enak-enak main eh tiba-tiba sinyal ilang. Atau pas lagi enak-enak jalan eh tiba-tiba sinyalnya banting setir dari hijau ke merah, alhasil karakter kita terus jalan hingga masuk turet lawan dan jadi makanan gratis.

Yang paling gak enak adalah ketika lag pas mau war, yang membuat karakter kita tidak bisa digerakkan. Hal ini tentu membuat kita kesal sekaligus merasa bersalah ke tim.

Well.. lag sendiri bisa disebabkan banyak faktor, diantaranya:
  • Jaringan tidak stabil, terjadi gangguan jaringan
  • Server sedang down
  • Gangguan teknis pada perangkat, atau memang perangkatnya yang kentang
Itulah 5 hal yang paling bikin stress ketika bermain game tipe Moba. Tiap poin tentu memiliki solusinya tersendiri, yang mungkin dapat kita bahas di lain kesempatan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Hal yang Paling Bikin Stres di Game Bergenre MOBA"

Posting Komentar