Apa Itu Farming dan Manfaat Farming - Mobile Legends

Farming / Jungling / Ngutan adalah Aktifitas menghabisi monster yang ada di jungle (area hutan). Monster jungle tidak sama dengan minion atau creep ya.

Farming cukup penting di game ini karena mempercepat kita menaikkan level dan mendapat lebih banyak gold. Ada Momon (monster jungle) biasa yang hanya memberikan gold dan Exp, dan ada juga yang memberikan buff.

Pemain di Tier Epic dan Legend, hampir semuanya farming di awal battle, dan selalu farming tiap kali ada kesempatan, yang jelas tower dalam posisi aman. Bahkan tak jarang mereka melakukan counterjungling (jungle di area musuh) dari awal pertandingan sekalipun. Apalagi kalau musuh dalam keadaan terdesak, momon di area musu selalu dihabisi, ini selain menambah exp diri sendiri, juga membuat musuh lebih sulit/lama mendapatkan gold/exp/buff.

Untuk melakukan farming, harus sering lihat mini-map, harus paham situasi dan kondisi, kalau tower dalam keadaan rawan, atau teman sedang perlu bantuan - jelas kita harus kita tinggal dulu itu momon dan mengamankan tower atau membantu teman.


Monster / Momon yang ada di jungle Mobile Legends dan manfaatnya:

  • Monster biasa: bermanfaat menambah gold dan exp.
  • Spinner (Monster biru): Selain menambah exp dan gold, momon ini juga menambah Mana, memberi buff untuk pengurangan cooldown 20% untuk semua skill dan mengurangi jumlah Mana yang terpakai saat menggunakn Skill sebesar 50%, Energi 20%. Cocok untuk Assassin dan Mage. Buff ini sering disebut Buff biru / Blue Buff
  • Reaper (Monster Merah): Selain menambah exp dan gold, momon ini juga membuat gerakan lebih cepat 15% selama 2 detik dan memperkuat attack maupun magic power sebesar 10%. 
  • Ada juga Momon yang mirip Umang-umang di depan lord atau turtle: menambah exp, gold dan memberi buff regen.
  • Turtle: Memberi exp dan gold ke seluruh Anggota tim. Seinget gw sih 150 gold dan itu bisa dibilang lumayan banget. bagusnya sih 2 orang untuk kill turtle jika masih early game. Turtle muncul 2 menit setelah pertandingan dimulai.
  • Lord: Membantu kita menyerang base lawan. Lord muncul 6 menit setelah pertandingan dimulai. Lord akan melalui jalur/lane yang paling dikit towernya / darah towernya, atau jika semuanya sama maka lord akan melalui jalur tengah. Tips: Lord darahnya tebal dan tebasannya cukup sakit, selain itu juga bisa menghempas kamu ke udara jadi ga usah diusik saat early game. Saat Mid game sebaiknya minimal 3 orang yang hajar, sedangkan saat late game 1 orang saja cukup. Hati-hati saat berburu Lord, karena bisa saja musuh mencuri Last Hit, atau lebih parah lagi musuh menyerang kalian saat menyerang lord. Maka pastikan musuh sedang sibuk atau sedang menunggu respawn saat kalian menyerang lord.
Baca juga:

Ada Tutorial tentang farming / jungling di dalam game. Pada Menu Preparation. Mengikuti tutorial tersebut akan dihadiahi 5000 bp (Yang gambar Hilda).



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Apa Itu Farming dan Manfaat Farming - Mobile Legends"