Tips Menggunakan Fighter di Mobile Legends

Fighter adalah petarung jarak dekat. Statistik dasarnya rata memiliki Attack dan defense yang bagus. Fighter juga banyak yang memiliki skill Charge atau melompat/mendekati lawan dengan cepat seperti Freya, Alucard, Balmond, Lapu-lapu, Zilong, dsb.

Fighter dapat memiliki banyak peranan dalam team fight, tergantung skill masing-masing hero tersebut, ada yang Crowd Control, ada yang sebagai pengalih perhatian, ada yang sebagai penguras darah, dan ada juga yang sebagai killer.

Mimin mencoba berbagi beberapa tips yang mudah-mudahan membantu temen-temen buat lebih jago menggunakan fighter. Yang ingin bergabung ke grup Fb silahkan gabung ke Mobile Legends Tips and Guide.


Baca juga

Tips Menggunakan Fighter di Mobile Legends

1. Pahami Kebutuhan Tim
Fighter Memiliki peranan yang Fleksibel, yaitu bisa tipe damage/killer, bisa tipe semi tank, bisa juga sebagai tank. Jika tim kamu sudah ada 3 tipe damage, misalnya MM, Mage, dan Assassin, maka kamu sebaiknya pilih tipe semi tank atau tank. Kalau kamu pilih tipe damage juga, dikhawatirkan tim kamu mudah di wipe out oleh musuh saat mereka melakukan crowd control.

Jika tim kamu hanya ada 2 tipe damage, misalnya ada MM, Mage, (yang 2 lainnya Tank dan Support), maka okelah jika kamu build fighter tipe damage.

2. Gunakan Kemampuan Charge Sebaik Mungkin. 
Charge dapat digunakan untuk secepatnya menuju lawan, bisa juga untuk kabur dari lawan. Jika fighter yang kamu ambil ada skill ini, maka utamakan untuk memaksimalkannya. Saat kabur dari lawan, arahkan charge menembus tembok/batu agar kamu sulit dikejar, bisa juga diarahkan ke semak agar aim/lock musuh kamu kena reset. 

3. Farming tiap ada kesempatan. 
Tiap kali jalur kamu sudah bersih, selalu sempatkan untuk farming, ini untuk mempercepat naik level dan menambah gold agar item cepat jadi. Bila perlu beli Nimble Blade (Tier ke-2 jungling item).

4. Build Deadly Blade bila perlu.
Heal dari healer, terutama estes memang sangat mengganggu, maka dari itu ada baiknya jika kita mengurangi jumlah heal yang diterima musuh. Deadly blade juga mengurangi efek heal dari lifesteal dan item seperti bloodly axe. Fighter dan Assassin adalah yang paling cocok buat beli item ini dalam team.

5. Pahami Skill dari hero yang kamu pakai.
Pahami dengan baik tiap Skill dari hero yang kamu pakai agar dapat digunakan secara maksimal. Misalnya, Bane dapat menghancurkan tower dengan ultinya, Alucard memiliki lifesteal tambahan saat ulti dan Freya memiliki jarang serang lebih jauh saat ulti.

6. Pahami tipe lifesteal yang dibutuhkan
Untuk fighter yang mengandalkan Attack Speed seperti Freya dan Zilong dapat menggunakan Haas's Claw untuk lifesteal. Sedangkan yang banyak mengandalkan skill seperti Ruby dan Bane dapat menggunakan Bloodlust Axe.

7. Tunggu Tank Open War
Saat team fight/war, fighter adalah yang nomor 2 setelah tank. Saat tank kamu mulai maju, tunggu sejenak hingga musuh pada melepas skill dan ulti mereka ke tank kamu, baru kemudian kamu maju, incar damage dealer atau healer pada tim tersebut. Saat open war hindari maju berbarengan dengan tank karena hampir semua hero memiliki skill disable dan takutnya kamu tank kamu mati duluan sebelum temen kamu bisa cover.

8. Spell
Sesuai kebutuhan dan sesuai peranan kamu aja, buat yang farmer bisa pakai Retribution, dan buat yang tank bisa pakai Healing spell, sedangkan yang perlu charge bisa pakai Flicker.

9. Potion. 
Ini juga sesuai kebutuhan, bisa pakai Energi Potion maupun Rock Potion. Beli saat semua item sudah jadi namun battle belum juga berakhir.

Sekian dari saya, semoga post ini bermanfaat,

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Tips Menggunakan Fighter di Mobile Legends"

  1. bedanya semi tank ama full tank itu apa sih sob!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semitank jadi sebagian itemnya menggunakan item defense dan sebagiannya lagi item attack.

      Kalau full tank dia itemnya defense semua.

      Hapus
  2. Fighter itu hero yg paling pentin buat ana dan kalau gada fighter dijamin dah kalah :( apalg buat user mm kayak ana. Btuhbgt alu atao zilong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... kalau agan user MM, sebenarnya lebih bagus kalau bisa bekera sama dengan Tank

      Hapus
    2. Kalah gara2 ente ngefeed kali? Jujur ya selama ane make fighter, udah di carry masih aja mm yang nge feed.

      Hapus
  3. Hero yang assasin/fighter lebih kemana?

    BalasHapus
  4. Gimana role playing buat bane, martis dan juga jawhead.. Bisa bantu gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bane sih lebih ke push turret, sedangkan martis ama jaw tipe hero enak untuk nge gank

      Hapus
  5. Kalo buat terrizla,martis,dan freya gimana gan itu yg selalu ane pakai gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terizla bisa dilihat disini: https://www.irumira.com/2019/07/hero-academy-48-guide-terizla-si.html

      Freya dsini: https://www.irumira.com/2017/08/freya-guide-build-tips-and-trick-mobile.html

      Martis yang blm ada

      Hapus
  6. Saya suka pakai ruby...setiap skill nya memiliki lifesteel kalau item lifesteel nya jadi....

    BalasHapus