Cara Mengatasi Download Resource Tidak Jalan di Mobile Legends

Beberapa Pengguna Mobile Legends mungkin mengalami beberapa hal berikut

  • Gambar Hero tidak tampil, hanya tanda tanya
  • Saat masuk game, bentuk hero tidak tampil, hanya bola cahaya
  • Tidak bisa main Brawl Mode
  • Angka download pada indikator tidak bertambah. 
 Oke, hal-hal diatas dikarenakan oleh download resource yang tidak jalan, dan bisa banyak faktor yang menjadi alasannya.

Gw sendiri dapat banyak pertanyaan tentang hal ini baik di web ini, di grup, bahkan via pm.

Perlu diketahui oleh yang belum ngerti
  • Download resource (download di dalam game) dilakukan buat mendownload konten game, seperti gambar, hero, bentuk hero, animasi/pergerakan hero, animasi skill, dan lain sebagainya.
  • Bagi yang baru pertama instal mobile legends, download resource jelas jauh lebih besar ukurannya dibanding download di playstore.
  • Bagi yang sudah pernah instal ML dan sudah pernah selesai download resource, maka download resource akan ada hanya saat ada update patch terbaru. Dan biasanya kurang dari 10% dari total resource yang telah terdownload sebelumnya.
  • Buat yang masuk pertandingan namun yang keluar hanya bola cahaya putih, itu karena kamu memaksakan masuk ke pertandingan padahal download resource belum komplit.
 Silahkan coba beberapa solusi ini.

1. pastikan kamu punya ruang cukup di memori.

Download resource memerlukan ruang yang cukup besar di hp kamu, jadiTotal download App dan Resource adalah sekitar 650-800mb.

Dan jika kedepannya kamu bakal sering main Mobile Legends, sediakan minimal 2GB karena battlerecord akan tersimpan di hp kamu, dan musti sering dibersihkan.


2. Pastikan jaringan kamu juga lancar,

ya kalau download resource tidak jalan karena jaringan kamu lagi gangguan atau lambat, maka sebaiknya tunggu aja hingga kembali lancar.

3. Uninstal kemudian Instal Ulang dari Google PlayStore.

Download resource yang tidak mau jalan kadang dikarenakan ada file yang rusak/corrupt, hal ini bisa dikarenakan karena jaringan tidak stabil saat mendownloadnya.

Hal ini mungkin memakan banyak waktu dan kuota karena yang didownload cukup besar. Sangat disarankan menggunakan Wifi karena cepat dan stabil.

4. Cek Perizinan Aplikasi.

Cek Perizinan/Permission Aplikasi, siapa tahu kamu tidak mengizinkan Mobile Legends menulis data di HP kamu. Pastikan bagian Storage dalam keadaan on.

Cara ceknya: Masuk ke Setting/Pengaturan di HP kamu, pilih Aplikasi Terinstal/Installed Apps. Lalu pilih Mobile Legends, di bagian bawah ada App permission, dan Other Permission


Pilih App Permission/Perizinan Aplikasi, silahkan samakan dengan punya mimin:


Pada bagian Other Permission, silahkan jika ingin disamakan dengan punya mimin juga:


Jika kamu mengalami kesulitan untuk menyalakan izin aplikasi, kemungkinan hp kamu memiliki aplikasi yang memakai hamparan layar (yang iconny mengambang di layar). Seperti misalnya uc browser dan messenger. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut sementara sampai download resource berhasil selesai 100%.

5. Copy Folder Assets milik teman.

Jika 4 solusi diatas tidak membantu, silahkan coba yang satu ini. Dan sebagai catatan, lakukan ini dengan resiko kamu sendiri (ya walau nyaris ga ada resikonya sih). Namun karena saya dapat info ini dari salah satu pembaca blog ini juga maka akan saya sampaikan dan mudah-mudahan membantu karena ia sendiri telah mencobanya dan berhasil.

Kamu akan memerlukan laptop/komputer agar bisa dilakukan dengan cepat.

Pertama-tama cari hp yang ada Mobile Legends di dalamnya dan dapat dimainkan dengan baik. Hp siapa aja boleh, teman, saudara, kenalan, atau siapa aja gt gpp.

Hubungkan HP tersebut ke laptop/pc/komputer kemudian cari di HP tersebut folder Android >> data >> com.mobile.legends >> Files >> Dragon >> Assets.



Copy folder Assets ke laptop/pc/komputer, bebas taruh dimana saja yang penting muat, ukurannya hampir 600mb.

Setelah itu silahkan keluarkan hp tadi dan giliran hubungkan HP kamu ke laptop/pc/komputer itu.
Copy Folder Assets tadi ke HP kamu di folder Android >> data >> com.mobile.legends >> Files >> Dragon. Disana memang sudah ada folder Assets juga jadi silahkan timpah (overwrite/merge) saja.

Kalau sudah kamu bisa lepaskan hp kamu dari laptop/pc/komputer tadi dan silahkan coba buka Mobile Legendsnya apakah sudah bisa berjalan dengan baik.

Kalau masih tidak bisa juga, itu udah diluar pengetahuan gw bro/sis.

Silahkan hubungi Customer Service ML kalo udah kayak gitu: mobilelegendsgame@gmail.com

Semoga artikel ini membantu. Terima kasih.



Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Download Resource Tidak Jalan di Mobile Legends"

  1. Min, napa resouces mode spring holidayku ga terdownload ya. Bukan lambat tapi ga jaln sama sekali (0% 0kb/s) temenku ad chat dia ga bs main spring holiday jg tapi ternyata dia ga bs main krn msh 80% lalu udh 100% bs main deh dianya. Tlg di jwb!

    BalasHapus
  2. Gan...sedikit bertanya...pertanyaan nya sebaliknya dari permasalahan disini
    Gmana caranya biar download resources nya kita hentikan, nggak perlu sampai 100...

    krna space hp saya cman 1.5 gb...soal ny klo udh 100 prsen ram bakal pnuh...dan bakal gelap smua...thanks ditunggu jawabannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download resource tidak dapat dihentikan karena resource adalah sumberdaya yang dibutuhkan agar game dapat berjalan dengan semestinya.

      Kalau space memori agan tinggal 1,5 GB, sebaiknya gunakan kartu memori eksternal untuk menampung file-file non-aplikasi seperti video, gambar dan musik.

      Kalau RAM agan kecil dan sering terjadi Force Close alias HP suka hang dengan sendirinya, itu sih sebaiknya agan menabung untuk membeli HP dengan RAM yang lebih tinggi. Karena HP saat ini tidak bisa asal tambah aja ramnya seperti laptop dan pc.

      Hapus
  3. Min gw mau tanya, ko ML gw pas di buka servernya ngdoenload terus ya,,nyampe abis kuota gw, tiap main ngdownload trus, padahal sebelumnya udah 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngedownloadnya tiap kali masuk ML atau hanya pas ada update gan?

      kalau pas ada update biasanya memang ada download resource namun ya kira-kira dari 80% atau 90%.

      tapi kalau ngedownload resource tiap masuk sih gw juga kurang paham apa masalah dan solusinya gan. thanks

      Hapus