Beberapa Penyebab LAG Mobile Legends dan Cara Mengatasinya

Lag merupakan salah satu masalah paling umum yang ditemui oleh Pemain Mobile Legends. Dan hal ini memang sangat mengganggu, baik bagi pengguna maupun developer (Pembuat Mobile Legends). Pihak Developer sendiri pernah membuat Surat Bagi Seluruh Pemain ML mengenai perihal Lag.

Lag itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari HP pemain, bisa dari Jaringan Internet dan bisa juga dari Server Mobile Legends, berikut beberapa faktor penyebab lag dijelaskan lebih rinci:

  1. Koneksi Internet: Sebelum memulai pertandingan, pastikan Ping internet kamu cukup stabil. Walaupun kecepatan internet kamu tinggi, tapi kalau pingnya ngga stabil, ini bisa membuat hero yg kita pilih bergerak lambat di game, skill delay, kadang jalan patah-patah, dlsb. 
  2. Apps yang berjalan di Background: Pastikan ga ada apps yang berjalan di background saat kamu membuka Mobile Legends. Misal, sebelumnya kamu buka Fb atau Ig atau app lainnya dan kemudian buka ML tanpa menutup apps2 tersebut, hal ini dapat menimbulkan konflik koneksi dan juga memakan RAM lebih banyak. 
  3. Resource (In Game Update): Seperti yang lu tau sendiri, ML sering bener update inilah update itulah, yang mau ga mau bikin kita sering-sering download update dan resource. Setelah update, tunggu dulu hingga resource selesai download, karena kalau belum selesai kemudian langsung masuk pertandingan maka jelas jaringan kamu bakal kebagi dan dapat menyebabkan lag. Coba masuk ke Setting >> Control >> Update Setting.
  4. Spek HP: Beberapa pemain yang mengalami lag kadang dikarenakan Spek HPnya kurang memadai. Ram 2 GB adalah ram standar untuk main ML, sedangkan Ram 1 GB bisa membuat game berjalan kurang lancar karena game ini memang makan cukup banyak Ram. Selain itu, jika HP kamu punya CPU dengan lebih banyak Core, dan GPU (Graphic Processing Unit) yang memadai, maka itu lebih baik. 
  5. Set Grafis: Masih soal spek HP yang mungkin kurang memadai, cobalah untuk menurunkan grafis melalui Option (Icon Gear) >> Graphic = Low/Rendah. Ini akan mengurangi beban CPU/GPU dalam merender grafis di dalam game.
  6. Host (yang bikin room): Saat kamu main secara party/mabar, usahakan host yang paling kecil (hijau) pingnya.
  7. Ping di dalam Room: Saat masih di room, baik sendiri ataupun bersama teman, jika ping kamu (atau teman) sedang tinggi, tunggu sejenak hingga pingnya lebih baik, baru mulai matching up.
  8. Optimasi HP: Kamu bisa optimasi Hp kamu dengan cara merestartnya secara reguler (misal: tiap 2 hari). 
  9. Restart game: Keluar dan buka kembali ML setelah bermain 8-9 pertandingan, atau ketika hp mulai terasa berat. 
  10. Teman FB di Game: Saat kamu memiliki terlalu banyak teman Fb yang bermain game ini, ini dapat membuat game terasa lambat saat di homescreen game. Terutama bagi yang koneksi internetnya pas-pasan. Ini jelas karena game juga memuat avatar dan nama mereka satu-persatu. Cobalah memakai akun fb yang sedikit temannya.
  11. Server: Kalau permasalahannya ada di server, biarkan pihak devs yang mengatasi hal ini, mereka juga bukannya diam dan tidak melakukan apa-apa, namun mengusahakan yang terbaik agar kita dapat bermain dengan lancar.
 Demikian beberapa cara mengatasi Lag di Mobile Legends, yang dirangkum dari berbagai sumber termasuk Forum ML Indonesia, Semoga membantu.





Postingan terkait:

74 Tanggapan untuk "Beberapa Penyebab LAG Mobile Legends dan Cara Mengatasinya"

  1. Ternyata banyak ya yang membuat game mobile legends itu nge lag,mungkin dari saya sih server yang tidak kuat untuk menampung para pemain,jadi itulah sebab utama terjadinya lag mobile legends

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Karena pihak MOBILE LEGEND malas untuk menambah/memperbaiki Server

      Hapus
    2. Bener banget tuh . Masak habis upgrade game.nya gatambah bagus malah makin ancur . Lah gue bru mulai main udh reconect pdahal sinyal bagus tpi ping langsung blank . Habis hijau langsung merah kenapa sih ?

      Hapus
  2. Dulu pertama kali gw main ML waktu belum tenar pemain masih sedikit juga dk pernah lagg gw ,tapi waktu berlalu hingga mulai terdengar hampir semua pemain coc makin lama makin hari menjadi lagg ,,,yg gw prediksi sih karena penyebabnya menumpuknya pemain ml yg mendunia hingga pihak developer dk sanggup mengupgrade permainan mereka

    BalasHapus
  3. Mau nanya gan saya hp Xiaomi redmi 2 pro kok patah2 ya padahal ram 2gb? Mhon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ml sering ngeleg jadi malem maen jg kalah mulu
      Ml parah game laku keras tapi server kyk tai

      Hapus
  4. Zen 4 ram 1 gb ko ngelag trus, tapi temen saya ram 512 lancar bisa maen ml, kenapa bisa begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main ML buang2 duit wkwkw buat apaa. Mubazir duit. Mending paketanlu buat Buka yg penting2 aja. Kaya komunikasi apa bisnis. Malah push rank apaan tuh..

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. INTINYA SERVER NYA KAYA TOKAII . . .!

    BalasHapus
  7. Gan update game udah 100%...qo tiap buka ml lagi update trus ya...?jadi 2x buka game habis 1gb..datanya...

    BalasHapus
  8. Gan update game udah 100%...qo tiap buka ml lagi update trus ya...?jadi 2x buka game habis 1gb..datanya...

    BalasHapus
  9. ML terlalu sering updet Hero/skin, & sistemnya tpi, jarang updet server... Padahal harusny diprediksi kira² sehari ada berapa player baru yg main ML & juga seberapa besar server yg diupdet biar ga Lag... Liat Light x Shadow aja jarang updet hero/skin... Jarang lag gua

    BalasHapus
  10. Pas gue maen ML lancar2 aja,
    Pas gue pasang WA, parah legnya.

    BalasHapus
  11. Maen jam 12 malem aja, jam segitu lancar banget, sama gak ada bocah yang maen

    BalasHapus
  12. Kenapa ya saya main sering reconek

    BalasHapus
  13. Maaf gan, ML ku ga sengaja kehapus pas instal lagi, semua skin nya ga bisa dipake 😑 kata2 mutiar yg sering diucap hero pun ga keluar kek orang bisu gitu, kira2 knapa yak.?

    BalasHapus
  14. Gan punya saran kaga kalo main mobile legend ping hijau tapi lag

    BalasHapus
  15. Ini gw kok aneh ya,dlu main ml ga pernah nge lag spek hp tinggi juga,tapi skrg kalo udh main beberapa menit kemudian fps turun lag drastis padahal apps yg gakepake udah dimatiin,solusinya gimana ya?

    BalasHapus
  16. knp ya pas loading suka balik lagi? padal app udh pada dimatiin,spek hp ok..bgmn solusinya

    BalasHapus
  17. Menurut gw sih kyknya developer ML make VPN,kn moonton perusahaan cina,klo bikin server di china pasti mustahil bisa ngalahin Kings of glory ( ML / AOV cina) makanya developer make VPN agar bisa dimainkan diseluruh dunia termasuk indonesia

    BalasHapus
  18. Menurut gw sih kyknya developer ML make VPN,kn moonton perusahaan cina,klo bikin server di china pasti mustahil bisa ngalahin Kings of glory ( ML / AOV cina) makanya developer make VPN agar bisa dimainkan diseluruh dunia termasuk indonesia

    BalasHapus
  19. Setiap bertanding di atas 7 mnt hero gue tiba tiba gak bisa bergerak padahal semua ulti bisa di pencet ram hp gue jg 3 gb.. Kira kira ada pencerahan?

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Bug atau lag gan?
      Kalau bug ada halaman khusus buat laporinnya di forum,
      ini halamannya: https://forum.mobilelegends.com/forum.php?mod=forumdisplay&fid=65&filter=typeid&typeid=64

      Hapus
  21. Masalah gue begini gan,saya main Vainglory size 1,2 gb ram hanya 1 gb itu lancar banget jarang lag,tapi ketika main ML macet macet ,Padahal sinyal sama sama bagus kenapa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Ram 1 GB memang ngos-ngosan buat ngangkat ML, disarankan yang 3GB Ramnya, atau minimal 2GB.

      Hapus
    2. Saya 2gb tapi masih sering lag hapenya bukan sinyalnya

      Hapus
    3. J5 prime masih lag padahal apps udah di matein semua pas maen. Ahh jadi males dah maen ml lagi. SAYA PENGGUNA FANNY & KAGURA

      Hapus
    4. bukan hanya ram saja yg mendukung boss, procesor,cpu,gpu juga berperan penting

      itu semua penunjangnya bossku

      Hapus
  22. Sony z3+. Pas main grafik goyang mw jalan dan ngeluarin skill jadi lambat. Stelan grafik udah di buat low.
    Terus solusinya gmna gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP Sony Z3+ harusnya cukup kuat buat main ML,
      Btw jaringannya lancar? pingnya warna merah atau hijau?

      Hapus
    2. Hijau om.
      Klw merah ya ane cmn cek absen doank.

      Hapus
    3. Kalo gitu usahakan tutup dulu aplikasi2 "besar" sebelum main, karena mereka biasanya makan ram banyak.

      Jadi pas main kalo bisa hanya ML yang aktif, dan hanya apps system yg berjalan di backround system.

      Hapus
  23. J7 prime KONTROL MLnya kok g lancr ya genl tpi klo di asus selfi sama2 besar ramnya tpi lbih kecil romnya gk macet2 knp ya ..tolonng di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spek samsung j7 prime sudah bagus buat main ML.
      Hanya saja mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi jeleknya control pada hp tersebut.

      Teman saya ada yang menggunakn samsung j7 pro atau j7 prime gitu, saya lupa, ia juga bilang kalau hpnya ngelag pas makai kartu tsel di hp tersebut, namun tidak kalau menggunakan wifi maupun tethering hotspot.

      Agan juga mungkin perlu mencoba jaringan lain atau menggunakan wifi siapa tau lancar.

      Hapus
  24. Bang admin solusi dong buat saya

    -kenapa ya kedepanan ini kok mobille legend saya jadi leg parah ping naik2 turun padahal kalo maen permainan online lainya itu biasa ajah lancar jaya . Tp pass maen ml langsng patah2 ntar ping merah hijau lg ..solusi apa admin padahal saya udah dwon load aplikasi apa ajah yg buat ga leg tp tetep ajah leg solusi ya admin plisss aku suka ml yg dlu ga pernah leg seperti iniiiii .... pliss jawab solusi ya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke bisa tolong beri keterangan lebih detail agar solusinya bisa ditemukan lebih cepat?

      Hp yang dipakai merk dan tipe apa? Ram dan Internalnya berapa?
      For your Info, bagi yang Ram 2GB itu sudah mulai ngos-ngosan buat ngangkat ML (apalagi kalau banyak app yang berjalan di background), sebaiknya diupgrade ke ram 3GB atau lebih

      Operator dan jaringannya apa?

      Kalau sinyal yang tidak stabil (Merah kuning hijau), itu bukan dari HP maupun Server MLBB, tapi dari penyedia layanan internetnya

      Btw, game lain yang dimaksud itu game apa kk? MMORPG atau Moba juga, kalau game tipe Moba memang sangat mengandalkan Ping, jadi walaupun bandwithnya besar tapi pingnya ga stabil tetap terasa ngelagnya.

      Hapus
    2. Parah ml sekarang sering lag,bayak pula yg nge bug apalagi jonson ngeselin sumpah

      Hapus
  25. Saya main mobile legend Stafaband selalu ping merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ping merah umumnya dikarenakan jaringan yang kurang bagus, agan bisa coba ganti operator lain yang mungkin lebih bagus kualitas sinyalnya

      Hapus
  26. Saya pengguna samsung j7 prime kok sering banget ya gan macet2 waktu main MLBB padahal sinyal bagus tsel indosat juga bagus. Tapi kok kalo lagi main sering bangett macet2 itu apanya gan tolong di bantu mungkinkah server ato hpnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Sebenernya temen gw juga ada yang bermasalah saat main ML menggunakan Samsung J7,

      Kelihatannya ini lebih ke HPnya ya,

      Kalo kamu scroll keatas juga sedikitnya ada 2 yang punya masalah dengan HP tersebut,

      untuk saat ini coba buat ngurangin beban HP kamu, semisal ada apps yang menggunakan Ram atau CPU terlalu besar.

      Atau kalo mau, ganti HP sekalian

      Xiaomi note 4x recommended buat main MLBB

      Hapus
  27. Padahal saya sering update gamenya tapi masih tetep sama macet macet. Tolong kasih solusi gan

    BalasHapus
  28. Mama nih adminya mau nanya juga

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Maksudnya gimana? kan gw udah jawab pertanyaan lu sebelumnya, silahkan cek lagi,

      Hapus
  30. Padahal ini appnya dikit bang admin tapi aneh banget gerakan patah mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, ane kurang paham kalau gitu

      Mungkin Prosesor atau GPU HP j7 prime memang gak cocok buat main ML,

      Saran sih beli baru aja, atau barter, atau tukar tambah dengan HP yang lancar main ML.

      Atau kalau kamu mau agak repot, cari forum diskusi untuk oprek HP agar bisa berjalan dengan baik.

      Hapus
  31. Sorry bang admin itu pos kemaren soalnya ga dibales2 udah geret gw main ml patah2 mulu

    BalasHapus
  32. Gan saya pake ip7 kok lag parah ya. Ping seringan merah. Padahal klo blum match hijau

    BalasHapus
  33. Saya main aov aja ping nya cuman 20-70 ms, tapi kok main ml kok ping nya 200an, padahal hp spek tinggi dan apk latar belakang udah gue batasi

    BalasHapus
  34. Min j7 prime kok patah" ya klo pas maen..
    Apalagi klo pas war smua skill kluar langsung lag..
    Gmn ya ngatasinya..padahal ram udah 3..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Samsung J7 Prime, ini kelihatannya memang HPnya yang kurang cocok buat main ML, saa juga ga tau dimana salahnya.

      Kalau kamu scroll keatas, sedikitnya ada 3 orang yang punya masalah dengan HP ini dalam bermain ML.

      Hapus
  35. Solusi buat saya dong min..
    Saya nih ya baru tadi lho main, untung di Brawl.
    Kenapa disetiap ada kesempatan emas, tetiba ping lgsung 200 ms. Padahal saya cek jaringan bagus2 aja malah streaming gk buffering, latar belakang jugs kosong, hp xiaomi Mi Max 2, Ram juga 4GB.. Gk ada kendala kalo soal sistem hp, tp pas main.. Entah kenapa selalu anjing yang disebut😅 tolong dong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ping yang ga stabil, biasanya bukan dari servernya, kemungkinan dari jaringannya.

      Jaringan kencang berbeda dengan jaringan stabil,
      Ane punya kartu tri, untuk streaming youtube atau buka situs meme seperti 9gag cukup kencang dan ga buffer, namun saat main ML dia patah2,

      Di hp yang sama ane make tsel, dan jaringannya cukup stabil, ane perhatiin yang make internet rumahan seperti telkom speedy malah lebih stabil.

      nah saran gw coba aja dulu jaringan operator lain, atau isp lain, ga harus beli, pinjem aja dulu punya temen buat jajal siapa tau hasilnya lebih baik

      Hapus
  36. Bro..ML ane sering macet itu apa Yo kendalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak faktor, seperti yang sudah dijelaskan diatas

      Hapus
  37. mohon ijin share ke temen-temen ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, kalau ngesharenya berupa teks di web/medsos, jangan lupa sertakan backlink ya

      Hapus
  38. Sony z2 ram 2gb prosesor snapdragon 800 Main ml lama lama ngelag di hp Bukan sinyalnya tapi gamenya patah patah padahal Aplikasi di latar belakang udah di matiin Kasih saran bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan server tempat kamu bermain yang lagi kurang baik performanya, ini memang kadang terjadi.

      Ada banyak server mobile legends, jadi memang tidak terjadi di semua server.

      Hapus
  39. Kocak anjir updte trus pdhal semalem baru update .trus pagi nya buka ml update lagi kan payah ngabisin kuota doang

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum. .
    Saya pakai hp note 3 ram 3gb..
    Dirumah pakai wifi . kenapa slalu lag ya..
    Waktu belum start masih hijau . tiba dah start.. eh .dia malah kuninglah. hijau lah .

    Apa yg tak kena tu . boleh bantu sya . terimakaseh

    BalasHapus
  41. Sumpah parah lag parah,yg bug juga banyak

    BalasHapus
  42. Katanya sekarang ada tutorial bug juga di yt

    BalasHapus
  43. Mohon dipertimbangkan saya suka ml,tpi klok gina sangat mengecewakan

    BalasHapus
  44. pasa mau maen mlh reload gam itu kenapa yh...mlh sya di laporkan telah keluar gam kena apk...padahal sinyal pull

    BalasHapus
  45. Skrng tmbh parahh tai mobile legends sekarang udh diperbaharui mlh sering leg dancukk bikin maless

    BalasHapus
  46. server tambah ancur,,,mentingin hero baru mulu,,banyak hero prcuma klo servernya buruk

    BalasHapus
  47. Saya baru beli pulsa
    Dan pas main game
    Tolol nya
    Kok ngelaggggg bet sih dan juga selaluu aja recoonnect

    Anjim

    BalasHapus