Cara Membuat Guild di Ragnarok M: Eternal Love by Bearnard


Guild di Ragnarok Mobile maupun di game lainnya biasanya adalah wadah bagi para pemain untuk bisa sharing tentang game, main bareng, untuk lebih mudah menyusun Party, atau quest lainnya yang memerlukan tim atau teman. Tak jrang Guild menjadi Rumah bagi player di game tersebut dan teman-teman guild menjadi keluarga.


Bisa dibilang semua player bisa buat guild sendiri, soalnya syarat nya pun gampang. yang perlu kalian lakukan hanyalah berbicara dengan NPC Valkyrie yang berada di Kota Izlude ( posisi arah jam 12, dekat teleporter dunia ) dan memenuhi syarat yang dia berikan.


Syarat membuat Guild di ROM ada 3 yaitu :

1. Karakter Base Lv 20
Syarat yang satu ini bisa dibilang paling mudah. gw rasa lv 20 bisa kalian capai hanya dalam 1 hari. grinding/leveling atau kerjain quest cukup buat sampe level segitu. Tapi seinget gw notifnya baru datang di level 25.

2. 200.000 Zeny
Bisa dibilang ini syarat yang agak sulit, untuk player yang baru memulai game uang 200.000 bukanlah uang yang sedikit. beberapa monster low level cuma menjatuhkan 30~40 zeny saja. sehingga mengumpulkan uang 200.000 mungkin membutuhkan waktu 2-3 hari.

Beda cerita jika kalian langsung top up zeny ketika hari pertama game rilis. di server china harga top up 300.000 zeny itu harganya 30 yuan kalo kerupiah mungkin sekitar 66 ribu. tapi ya kita juga belum tau ya harga topup untuk sea server berapa, mungkin ngk akan beda jauh sama server china.

3. 1 Buah Emperium
Hampir semua player RO udah tau lah ya emperium itu apa, emperium bisa kalian beli di market/drop dari MVP. tapi gw rasa di awal game, cuma sedikit player yang langsung bisa hunting MVP. juga di market ngk mungkin ada emperium kalo ngk ada player yang menjualnya di market. sehingga cuma ada 2 alternatif :

pertama, beli emperium dari NPC Event Dealer ( kota prontera ) cuma harganya agak mahal yaitu 200.000 zeny per 1 emperium.

kedua, hunting Shining Plant. jika kamu berutung terkadang shining plant menjatuhkan 1 buah emperium. spawn setiap 1 jam sekali. cukup mudah di temui di sekitar 4 lokasi, yaitu prontera maze, Mt.Mjolnir, Payon Cave 1F, dan Orc Village. gw rasa opsi ini paling mudah dapetin emperium buat char awal.

kalo kalian udah menuhin 3 syarat itu, kalian bisa membuat guild kalian sendiri. Di SS di bawah ini gw baru memenuhi syarat level aja, jadi ga bisa bikin.



Guild Lv.1 ( Awal )

Ketika kalian sudah membuat Guild, banyak member yang bisa kalian tampung dalam Guild lv 1 hanyalah sebanyak 46 member. max member akan bertambah seiring dengan naik level nya Guild kalian.

III. Guild Donasi

Bisa dibilang fitur yang satu ini yang paling penting kalo kalian join suatu guild. kalian akan mendapatkan reward setiap kali kalian memberikan donasi material untuk guild, diantaranya :

Guild contribution/kontribusi : item ini di perlukan untuk membuka rune. rune itu kalo dijelasin panjang, mungkin di next post kali ya. pokoknya penting banget. trus juga buat naikin Guild praying. kontribusi didapat kalo kalian donasi 'common mats'.

Golden Badge/GB : ini juga sama item yang di perlukan buat membuka rune. kebanykan rune yang membuka stat atau skill butuh Golden badge ini. so pastiin kalian jangan sampai terlewat. Golden badge di dapat kalo kalian donasi 'Rare mats'.

Dari donasi guild juga lah kalian dapat meningkat kan level Guild kalian.

Mungkin nantinya akan ada juga perang antar guild seperti di Ragnarok Online, atau yang lebih dikenal dengan War of Emporium.

Oke itu saja dulu yang kami share tentang guild di ROM, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Originally by Bearnard di Grup ROM: Eternal Love Indonesia, telah disunting sebagai penyesuaian, deskripsi asli ada pada link.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat Guild di Ragnarok M: Eternal Love by Bearnard"