Istilah-istilah di Game Chess Rush


Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan oleh pemain di permainan Chess Rush. Halaman ini membantu pemain pemula untuk memahami istilah-istilah yang kurang dipahami ketika membaca guide maupun berdiskusi di grup.


Sebagian besar dari istilah-istilah ini juga berlaku untuk game tipe Auto-battler lainnya seperti Auto Chess, Dota Underlords dan Team Fight Tactics.

Armor: Pertahanan terhadap serangan physical.

Bintang (star): Bintang menunjukkan level upgrade hero. Bintang 1 = Level 1. B2 (Bintang 2) = Level 2. B3 (Bintang 3). Makin tinggi bintang hero maka makin kuat.

Board/Chess board: Papan, papan catur.

Class (Kelas): Class dari para Hero, diantaranya: Warrior, Assassin, Sorcerer, Rider, Hunter, Warlock, Engineer, Druid, Punisher. Memenuhi jumlah tertentu dapat menghasilkan sinergi.

Combo (Kombo): Kombinasi dari 2 Sinergi atau lebih
Co-op Mode: Mode Kooperatif (kerjasama) di mode ini kita bisa mengirim hero yang dibutuhkan oleh teman kita.
Crit: Critical attack, serangan critical, hero yang terkena serangan critical akan menerima damage ekstra.
Crit. Chance: Peluang untuk melepas critical damage.

Dodge: Kemampuan untuk menghindari serangan musuh, ini membuat penggunanya tidak kena damage.
Double Exp Card: Item yang digunakan untuk mendapatkan Exp double untuk menaikkan level akun.

Exp: Experience, materi yang dibutuhkan untuk menaikkan level board/karakter maupun level akun.

Gacha: Merujuk pada fitur roll/refresh hero di Shop karena hero yang dikeluarkan adalah acak. Pemain suka menyebutnya Gacha ampas atau gacha gak hoki jika tidak mendapat hero yang mereka inginkan walaupun sudah melakukan banyak roll
Gold: Mata uang utama di dalam game yang bisa diperoleh secara gratis melalui aktifitas harian. Gold bisa digunakan untuk membeli Karakter maupun Papan Catur yang lebih bagus.

Hero Capacity: Kapasitas slot item pada hero.
HP: Health Point atau biasa kita sebut darah. HP bisa merujuk kepada Hero maupun Karakter kita di dalam match.

Item: Kita bisa mendapatkan Item untuk memperkuat hero kita. Item bisa menambah Crit. chance, Armor, Magic Resistance, dan attack. Item juga bisa diupgrade. Di game lain yang serupa, item bisa dikombinasikan agar lebih kuat namun tidak memakan lebih banyak slot item.
Item Slot: Slot item, Slot yang tersedia pada masing-masing hero agar dapat diisi dengan item yang didapat melalui PVE.

Level Akun: Level dari akun kita.
Level Board/Karakter: Ada 10 Level di tiap mode. Makin tinggi level kita maka makin banyak kita bisa menaruh hero di board. Jadi misal kita level 5, maka kita bisa menaruh 5 Hero di dalam board.
Level Hero: Level Hero bisa dilihat dari bintangnya, Level 1 = Bintang 1. Level 2 = B2, Level 3 = B3.
Lose Streak: Kekalahan beruntun.

Magic Res.: Magic Resistance. Pertahanan terhadap serangan magic.
Mana: Materi yang dibutuhkan bagi hero untuk mengeluarkan skill.
Mana Crystal: Mata uang yang digunakan untuk membeli Hero di shop saat pertandingan berlangsung. Juga bisa digunakan untuk merefresh hero dan membeli EXP agar cepat naik level.
Match: Pertandingan

Piece: Bidak catur, sebutan untuk hero yang kita gunakan di board.

PVE: Player VS Environment. Game Auto Battler tidak sepenuhnya PVP. Kita biasanya memulai dengan PVE untuk mencari drop item. Bertarung dengan Boars (ronde pertama), Forest Robber (ronde kedua) dan Ice Wolf Pack (ronde 40) masuk dalam kategori PVE.

PVP: Player VS Player.


Quest: Tugas yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan hadiah.

Race (Ras): Ras dari para Hero, diantaranya: Human, Elf, Beast, Cyborg, Furry, Goblin, Undead, Demon, Oceanborn, Void, Dragon, Jelly. Memenuhi jumlah tertentu dapat menghasilkan sinergi.
RGN: Randomly Generated Number. Hasil dari RNG.
RNG: Random Number Generator. Sistem yang membuat perhitungan acak untuk menentukan hero yang keluar di shop dan item yang di drop dari PVE.
Roll: Fitur refresh hero di Shop.
Round: Ronde pertandingan

Slot (Board): Slot yang tersedia di Chess Board.
Synergy (Sinergi):

Efek yang dihasilkan dari Ras atau Class yang sama. Kebanyakan Sinergi dihasilkan dari 2 atau 3 hero yang memiliki Ras yang Sama. Namun ada juga Sinergi yang didapat hanya melalui 1 hero seperti Punisher dan Demon.

Efek yang kita terima dari Sinergi bisa berupa Buff, misal penambahan ATK SPD, penambahan ARMOR, dll. Efek tersebut bisa juga berupa Debuff terhadap lawan, misalnya penurunan Magic Resistance lawan.

Timer: Pengatur waktu yang ada di dalam pertandingan.
Turbo Mode: Mode dimana kita bisa melakukan pertandingan dengan cepat. Cocok bagi yang tidak punya banyak waktu untuk bermain.

Voucher: Merupakan mata uang di dalam game. Didapat melalui Top-up. Bisa digunakan untuk membeli Gold, Items, Karakter, maupun Papan Catur yang lebih bagus.

Win Streak: Kemenangan beruntun.

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Hero Chess Rush

Itulah istilah-istilah (terms) yang sering ditemui dalam game Chess Rush ini khususnya dan game Auto Battler secara umumnya. Kami membuat istilah tersebut berdasarkan abjad agar kata yang anda cari mudah ditemukan. Bagi yang menggunakan PC, silahkan gunakan fitur CTRL + F untuk menemukan kata yang Anda cari dengan cepat.

Jika Istilah yang Anda cari tidak ada, tolong sampaikan melalui komentar agar segera kami tambahkan. Begitu juga jika Anda ingin menambahkan istilah-istilah lainnya. Terima kasih.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Istilah-istilah di Game Chess Rush"