Tips Menggunakan Marksman (MM) di Mobile Legends

Marksman alias tukang tembak memiliki peranan sebagai penguras darah/HP (Damage Dealer) dari lawan yang kemudian biasanya difinishing oleh Assassin. Pemain indonesia dan yang pemula biasanya menggunakan role ini sebagai role utama. Namun banyak yang mainnya kurang benar, sehingga perannya yang tadinya penting menjadi sia-sia.

Kadang gw sendiri suka jengkel ngeliat orang rebutan pick mm dan ngotot ga mau ngalah sama sekali, tapi pas main ternyata ga bisa diandalkan. Ini adalah beberapa tips yang mudah-mudahan membantu agar kamu jadi marksman yang handal.



Baca juga

Tips Menggunakan Marksman di Mobile Legends


1. Harus jago jaga jarak. 
Walaupun memiliki damage yang tinggi, MM punya HP yang tipis, di combo Zilong sebentar aja bisa ngurang lebih dari setengah HPnya. Manfaatkan jauhnya jarak tembakan buat deal damage sebanyak mungkin. Jika kamu duet dengan tank maupun fighter, tembakin musuh dari belakang mereka sementara fokus musuh kamu sedang dikacaukan oleh fighter/tank tadi.

2. Harus kenceng leveling dan farming. 
Mungkin banyak yang belum tahu, alasan kenapa MM dipasang di Mid (Jalur Tengah) adalah agar ia bisa farming kiri kanan, agar itemnya cepat jadi dan levelnya cepat naik. Beli item untuk mempercepat farming seperti item tier 1 item jungling (lupa gw namanya) yang harganya hanya 250 gold di awal battle.

3. Ambil posisi yang bagus.
Saat war, usahakan ambil posisi yang bagus, yang kira-kira kamu sulit dijangkau musuh, lebih bagus lagi jika kamu nyerang dari dalam semak-semak.

4. Jangan maju sembarangan
Saat war, atau minimal saat 2 vs 2, jangan suka maju sembarangan tanpa perhitungan. Ini biasanya kesalahan paling fatal para MM, mentang-mentang item udah pada jadi, kill paling banyak, terus sok-sokan maju paling depan buat harass lawan. Yang ada malah kena culik dan tim kamu kehilangan damage dealer yang seharusnya posisinya paling penting. Makanya ada istilah: "Maju Boleh, Bego Jangan".

5. Item fokus pada Attack speed, Crit dan Lifesteal
Untuk item MM, di early game fokus beli ketiga hal tersebut, jika di team lawan ada tank, beli juga item Physical Penetration (item ini berfungsi untuk menembus armor lawan. MM tidak begitu memerlukan item defense karena menggunakan lifesteal untuk bertahan. Kecuali saat late game, jual sepatu kemudian beli immortality.

Attack speed sangat penting bagi pengguna MM, karena MM lebih mengandalkan Attack biasa ketimbang Skill. Kamu ga harus pulang ke base buat isi mana kalau ga benar-benar perlu.

6. Pahami Skill Hero MM yang kamu pakai. 
Pahami Skill Hero MM yang kamu pakai dan gunakan secara maksimal, misalnya Layla; bisa nyerang tower dari luar tower setelah level 12, Bruno; CD skill 1 nya bisa reset setelah kita mendapat bolanya kembali, Clint; selain buat menghindar, skill 2 nya juga bisa digunakan buat mengejar musuh. Dan lain sebagainya.

7. Jangan pergi sendirian terlalu jauh
MM selalu jadi target empuk untuk pengguna Assassin dan fighter, apalagi untuk digank. Jadi jangan bepergian sendirian terlalu jauh tanpa membaca situasi dan kondisi, takutnya kamu nanti mati konyol, semakin lama waktu yang kamu buang di base buat respawn, maka semakin lama item kamu jadi.

8. Buff
Usahakan mendapat buff merah dari awal pertandingan, dan tiap kali ada kesempatan. Buff merah membantu menambah attack MM.

9. Spell
Spell yang paling banyak digunakan oleh MM adalah Inspire dan Retribution. Inspire membantu mempercepat serangan, sedangkan retribution untuk mempercepat farming.

10. Potion
Saat semua item sudah jadi dan pertandingan belum juga berakhir, ada baiknya kamu beli Energy Potion (Potion Merah). Potion ini akan menambah 30 physical attack dan 5% lifesteal selama 120 detik.

11. Mengalami bermain sebagai Tank
User marksman bisa dibilang user yang paling ribut minta tank saat pemilihan hero, namun saat tanknya mati, mereka suka bilangin tank noob lah tank gak guna lah tank penakut lah ini lah itu lah, padahal sendirinya udah bisa make tank belum?
User mm sebaiknya harus mencoba role tank sesekali saat ada kesempatan, dan lihat sudut pandang dari sisi mereka, tank biasanya ga sembarangan maju open war, tank ga sembarangan setor nyawa walaupun darahnya tebel, user mm seharusnya mencoba sebagai tank agar lebih paham gimana cara kerja tank, jadi kamu bisa mengcover mereka dengan baik saat menggunakan role marksman.

Sekian dari saya, semoga post ini bermanfaat, silahkan gabung di grup fb kita buat saling bantu mengenai Mobile Legends di Mobile Legends Indonesia Tips & Guide


Postingan terkait:

34 Tanggapan untuk "Tips Menggunakan Marksman (MM) di Mobile Legends"

  1. Kalau mau make spellvamp gimana ya caranya? Beli item nya dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beli itemnya dulu, namanya Contrated Energy, Btw itu item buat mage ya, ga cocok untuk marksman

      Hapus
    2. Item jungle lv 2 yg namanya pillager axe

      Hapus
  2. Kalo cara darah nambah darah waktu duel gmn min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Item/gear yang ada lifestealnya, seperti misalnya Haas's Claw (Icon Cakar Merah)

      Hapus
  3. Bener sob
    Paling jengkelin banget kalau ada user mm suka ngatain tank gk gunalah atau apalah
    Padahal sendirinya, belum tentu bisa pake karakter tipe tank

    BalasHapus
  4. Begitulah tipikal gamer "Bocah". Asal bunyi tapi ga semerdu dan seindah suaranya Murai Batu. (#gubraakk ga nyambung..). Gw pengguna MM (Layla/Clint)/Fighter (Freya/Zilong) dan pernah main Ranked terpaksa mengalah pk Tank (krn kebutuhan Tim). Krn ga apdet emblem Tank, jadi set gear sesuai aslinya. Main pun berusaha jd Tank yg baik, jd palang pintu bagi tim..dan masih aj dibully "ga bisa main lah..bla..bla". Gw cm bilang, "terima kasih tuk bantuannya". Utk para Tanker, yang sabar ya, Gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw user mm layla atau tank akai, lagi belajar buat pake assasin, biar kalo pada rebutan mm ada pilihan... Player yang baik yang bisa minimal 3 role

      Hapus
  5. Gw user mm tapi gw gak sembarangan makasih infonya ri semua sangat berguna bagi gw:v

    BalasHapus
  6. Izin copy paste gan saya cantumkan sumbernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copas gapapa tapi sebaiknya ga terlalu sering, karena gw sendiri perlu pengalaman main 7 bulan buat bikin artikel ini.

      Dan thanks udah nyertain sumbernya, seharusnya memang gitu sih.

      Hapus
  7. Gan.. Mau nanya.. Waktu itu gw lagi liat hayabuza ngeluarin asap2 merah dari tubuhnya.. Dan karina asap biru..itu kenapa ya gan.. Itu aja.. Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah Potion,

      adi pas late game, alias game sudah berlangsung cukup lama namun belum ada yang menang, kamu bisa menggunakan gold yang tidak terpakai buat beli Potion.

      Potion Merah adalah Potion fisikal, menambah kekuatan fisikal.

      Potion Biru adalah Potion Magic, menambah magic damage,

      Potion bisa dibeli saat game berlangsung. Klik Jumlah gold kamu di pojok kanan atas, pilih attack dan scroll ke bawah nanti ada potion physical.

      yang potion magic ada di bagian magic, dan potion defense ada di bagian defense.

      Hapus
    2. Mksih gan.. Blog ini sangat bermanfaat.. 👍👍

      Hapus
    3. Kalo buat mage bagus nya potion biru apa merah gan??

      Hapus
    4. Potion biru kalau murni mage

      Hapus
  8. Mm klo udh jadi jangan maruk.. kesian fighter hero, mm yg bakal jadi tank :v

    BalasHapus
  9. Gua mm yang selalu ngalah, gapernah kebagian farming karena jaga tower -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan.. sekalinya ngambil monster dibilang "mm tamak, mm maruk" "mm pelit" "assassin hrs farming" "farming mulu" "mm gausah farming" pdhl gw liat mm musuh tu dibiarin farming. ya memangnya cuma assassin yang butuh farming? mm juga:"< ada yang ngalamin kaya gw? gw sering dpt team gini kan capek :"<

      Hapus
    2. Cari temen mabar ae kalo sering dapet tim kaya gitu.
      Temen mabar yang paham cara bermain kamu.

      Hapus
  10. Nomer 2 udah ketinggalan jaman banget. Di jaman org awam banyak pake 2-1-2, MM di tengah = konyol. Di jaman ini jg, buff selalu dikuasai jungler. So, MM di tengah udh ga valid lg. MM sebaiknya berposisi di manapun selama ga sendirian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan, lebih mantap lagi kalau nanti bisa minimal 1 hero tiap rolenya.

      Hapus
    2. Itu sih pasti. Idealnya begitu sesuai waktu berjalan.

      Hapus
  11. MM itu kunci kemenangan. Makanya usahakan sering ngegank mm musuh atau gangguin pas lagi farming. Soalnya di late game jangankan fighter/assasin/mag, tank aja rasanya empuk banget buat mm.

    BalasHapus
  12. Mm 1 aja gue harus ngalah akek tank

    BalasHapus
  13. Yg jelas para gamers harus menguasai,tank,asasin,mm&mage... Ya klo bisa semua type hero bisa ditunggangi dgn baik....

    BalasHapus
  14. Gua ga ngerti kalian ngomong apa gelo ! 😑😭😭😭

    BalasHapus
  15. setuju guee kenapa si mm selalu di tengah sendirian lagi di tinggal makin berkembang seharusnya mereka sadar pola 3-1-1 itu oke juga loh kalo di pakee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tengah sendirian sih boleh2 aja, tapi percuma jg di tengah kalo Assassin2/Mage2nya yg ngerukin smua buff

      Hapus
  16. Mantap, sangat bermanfaat, terima kasih atas ilmunya.

    BalasHapus