Tulisan Mirip Allah di Skin Estes Season 8 ML adalah Kaligrafi China

Baru-baru ini beredar gambar skin Estes sebagai hadiah untuk S8 (Season 8) Mobile Legends. Namun ada bagian dari gambar tersebut yang menarik perhatian pengguna yang kemudian menjadi sebuah diskusi.

Berikut adalah gambar skin S8 Estes, dibagikan oleh DevclovedMLBB dan Mobilelegendszdesign di instagram.



Pada gambar tersebut, terdapat sebuah tulisan yang mirip dengan lafadz Allah dalam tulisan arab. Inilah yang menjadi perhatian pemain, yang kemudian menjadi bahan diskusi di grup fb. Saya belum sempat mengambil SS diskusi tersebut, namun postingan berunsur SARA jelas dengan cepat dihapus oleh admin.

Mimin sendiri menanyakan hal ini ke Forum Mobile Legends untuk menanyakan kepastiannya, terutama pernyataan resmi dari orang dalam Moonton. 2 orang Moderator dan seorang Layout Artist meyatakan bahwa itu adalah tulisan China dan kebetulan saja bentuknya mirip, namun mereka tidak/belum melampirkan huruf mana yang dimaksud.

Ada juga anggota forum yang mengatakan bahwa huruf tersebut adalah ini "物".
Cek aja langsung ke TKP.

Dengan ini sebaiknya maka hal ini tidak perlu dijadikan bahan untuk memicu emosi orang lain atau membincangkannya terlalu jauh karena hampir semua jawaban memang mengatakan itu adalah tulisan china.

Mimin juga coba cari versi yang lebih besar dari huruf tersebut di google gambar.

Untuk saat ini kita punya gambaran yang lebih jelas.

Cara penarikan kuas/garisnya memang terlihat berbeda, mungkin sebuah seni penulisan seperti kaligrafi.

Saya juga sudah mengatakan di forum agar tulisan tersebut sebaiknya disingkirkan ataupun diubah agar tidak menjadi kesalahpahaman, perdebatan dan provokasi tentang agama. Soalnya hal seperti ini pernah muncul ke permukaan di musim panas 2017, dan sempat menjadi bahan diskusi juga, namun saat itu banyak yang tidak begitu menanggapinya, termasuk mimin.


 Dizoom 369%.


Dan terakhir, kepada Developer Mobile Legends, jika kalian membaca ini, sebaiknya menghindari membuat hal-hal yang dapat menimbulkan perdebatan tentang Agama diantara pemain karena agama adalah area yang cukup sensitif di negara kami. Terima kasih

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Tulisan Mirip Allah di Skin Estes Season 8 ML adalah Kaligrafi China"

  1. itu pinyin nya "wu"
    klo ditranslate ke bahasa inggris artinya "object"

    BalasHapus
  2. Sok Tau LU Allal Allah apa nya Allah gk mungkin Ada ditaligrafi Fina tulisan Allah apalagi di mobile Legends. Situs gk bermutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya baca baik-baik dan pahami,
      Bahasa komen lu kayak gitu persis kayak orang gak berpendidikan :)

      Hapus
  3. Dimohonkan untuk tidak mencampuri hall berbau agama dengan game

    BalasHapus
  4. Kok aku liat di skin sebenarnya gak ada tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini postingan dibuat pada bulan april 2018, saat skinnya belum rilis ke server ori, jadi skin tersebut belum final dan masih preview. Player jelas dapat memberikan masukan ke developer, dan ternyata direspon. Jadi sekarang sudah gak ada.

      Hapus
  5. Hey masalah game ml itu jangan pernah terlibat kan allah ngerti nggak kalian

    BalasHapus
  6. Kak mau nanya katanya ml haram karena kita nggk bisa mengkontrol emosi kita.. nah kalo kita bisa kontrol emosi kita dan bermain game secukupnya apakah itu masih dosa dan masih haram di mainkan? Tolong jawab kak please😭

    BalasHapus