Tigreal Gameplay, Guide, Build, Tips & Trik


Salah satu CC (Crowd Control) Terbaik yang ada di game ini, Tigreal. Meskipun harganya murah, namun laris manis di ranked game hingga divisi legend. Seperti halnya tank lainnya, Tigreal punya pertahanan yang tebal seperti badak, selain itu ia juga memiliki skill yang membuat lawan sulit untuk bergerak hingga membuat lawan mikir dua kali untuk mendekat.

Akhir-akhir ini tigreal kena nerf untuk ultinya yang instan, jadi ada delay dulu sebelum dia ulti, delay ini fungsinya untuk memperlihatkan animasi bahwa si tigreal akan ulti dan musuh pun dapat melakukan antisipasi, seperti misalnya: kabur/menjauh, atau meng-stunnya dulu, atau kalau makai Nana bisa mengubahnya dulu jadi kucing, dll. Memang sih ultinya jadi reset, namun kalau terjadi saat war, maka Tigreal pasti sudah terkuras banyak darahnya.

Strategi Menggunakan Tigreal Saat Team Fight: 


1. Ini adalah yang paling banyak digunakan, yaitu menggunakan Spell Flicker untuk lompat ke tengah-tengah kerumunan musuh, kemudian Ulti, kemudian menggunakan Skill 2 untuk mendorong rombongan musuh ke teman, selanjutnya tinggal di slow menggunakan Skill 1, kemudian menerbangkan musuh menggunakan Skill 2. Sisanya serahkan ke teman-teman kamu buat ngabisin musuh kamu. Perlu dicatat bahwa strategi ini kurang efektif sekarang setelah Tigreal di-nerf karena musuh dapat mengantisipasi Ulti Tigreal. Jadi gunakan dengan bijak.

2. Di Strategi kedua ini kamu menggunakan Skill 2 buat mendekati musuh dan berada di tengah-tengah mereka, kemudian Stun mereka menggunakan Spell Petrify, Selanjutnya baru Ulti (karena mereka sedang kena Stun, jadi mereka ga sempat kabur walaupun Ulti Tigreal ada delaynya), Biarkan rekan tim lainnya mendekat dan menghabisi mereka satu-persatu, sementara kamu Keluarkan Skill 1 untuk Slow musuh dan Skill 2 untuk menerbangkan musuh ke udara.


Skill Tigreal


Pasif: Tiap attack akan menambah Defense Fisik dan Magic, dan dapat menumpuk hingga 5 lapis (bertambah seiring naiknya level). Ingatlah untuk sering menggunakan attack biasa karena ini dapat meningkatkan defense si Tigreal, bahkan walaupun tidak mengenai target, defense akan tetap naik.

Skill 1 - Attack Wave (CD: 9,5 Mana: 80)
Menyerang tebasan pedang kearah musuh , deal 350 dmg dan memperlambat gerakan musuh 65% selama 2 detik. Skill ini makan Mana cukup banyak jadi gunakan dengan bijak, penggunaan terbaik skill ini adalah untuk menghentikan regen darah oleh musuh. Kamu juga bisa memakai skill ini buat memperlambat musuh kemudian menggunakan skill 2 untuk mendorongnya ke rekan tim.

Skill 2 - Sacred Hammer (CD: 12,5 Mana: 110)
Maju dengan cepat ke arah yang ditentukan, dan dapat membawa musuh yang berada di depannya, tap lagi skillnya untuk dapat menghempas musuh yang ada di dekatnya ke udara dan deal 180 dmg.
Skill ini cukup sulit untuk dikuasai namun juga sangat penting.
Kamu dapat menggunakan skill ini untuk mendekat ke musuh, atau mendekatkan musuh ke tim kamu.
Skill ini dapat menggagalkan pergerakan musuh, bahkan Fanny sekalipun asal timingnya tepat.
Selain itu, skill ini juga dapat digunakan untuk kabur/menjauh dari musuh.

Skill 3 - Implosion (CD: 42 Mana: 120)
Tigreal menancapkan Pedangnya ke tanah, menarik musuh yang ada di sekelilingnya, deal 270 dmg, dan meng-Stun mereka selama 1,5 detik. (Skill ini dapat digagalkan dengan Transformasi maupun Knock up). Skill inilah yang menjadi CC utama saat war, menarik semua musuh kearahnya kemudian meng-stun mereka sementara rekan tim kamu deal damage ke musuh.
Skill ini sangat bagus dalam Team Fight/war, dan juga banyak combo hero lain yang cocok dengan skill ini seperti misalnya Ultinya Aurora, Skill 2 Vexana, Ulti Rafaela, Ultinya Bruno, DLL.

Prioritas Skill: Untuk Skill prioritaskan untuk menaikkan level Skill 2 terlebih dahulu agar CDnya lebih cepat dan memudahkan mobilitas kamu. Untuk Ulti, Level up kapanpun tersedia.

Skill Combo: Untuk Skill Combo, sudah dijelaskan pada Strategi Team Fight diatas.

Spell


Flicker: Untuk mendekati musuh dan menggnakan skill yang dianggap perlu. Bisa juga untuk kabur.
Petrify: Untuk meng-stun musuh dan agar mereka tidak kabur saat kita akan ulti.
Purify: Untuk membuang efek negatif/disable oleh musuh saat war.
Healing Spell: Untuk menambah darah disaat darah sudah berkurang banyak
Dari keempat spell diatas, tinggal dipilih sesuai kebutuhan.

Item Build untuk Tigreal





Warrior Boots: Mempermudah pergerakan dan menambah armor
Demon's Advent: Item ini menambah HP dan armor, dan Skill pasifnya juga membantu mengurangi attack power dari lawan sebesar 4%
Oracle: Item ini menyediakan HP, Magic Resistance, dan CDR, cocok kalau di tim musuh ada mage sebagai salah satu damage dealer. Selain Oracle, Dominance Ice juga bagus, pilih sesuai kebutuhan.
Cursed Helmet: Menambah HP dan Magic Res. Memiliki pasif mengurangi darah musuh 1,5% tiap detiknya, cocok bagi pengguna tigreal karena tigreal biasanya berlama-lama dekat dengan targetnya.
BloodThirsty King: Menambah banyak HP, dan pasifnya membantu meregenerasi HP.
Immortality/Heart of Steel: Ambil salah satu sesuai kebutuhan.

Tigreal Build by Top Player: 




Emblem untuk Tigreal:
kamu dapat memakai Emblem Tank untuk Tigreal, Saya sendiri lebih suka menggunakan Emblem Physic karena statsnya membantu buat farming di early game.

Tips Menggunakan Tigreal

  • Saat early game, kamu bisa sembunyi di semak, kemudian saat musuh kamu ada di tengah lane, kamu keluar dan dorong dia ke tower kamu. 
  • Mage adalah duet yang cocok buat Tigreal di satu lane saat early game, karena selain jaraknya juga jauh, mage memiliki damage yang besar. 
  • Walaupun role Tigreal adalah tank, jangan ragu untuk ngambil 1 atau 2 jungle monster terdekat setelah minion dibersihkan, makin cepat naik level dan gold maka lebih baik. 
  • Walaupun Skill 2 Tigreal utamanya digunakan untuk mendekatkan musuh ke team, ada kalanya tim kamu terdesak dan kamu dapat menggunakan Skill 2 Tigreal untuk menjauhkan lawan dari tim. 
  • Kamu adalah Tank, tidak harus deal damage/kill banyak-banyak, untuk damage percayakan saja sama Tim, Tigreal kalau MVP pun biasanya karena kebanyakan Assist. 

Stats Tigreal / Fighting Ability



 Kebanyakan gambar bersumber dari: In Game Guide Mobile Legends
Referensi: Tigreal Comprehensive Guide
Forum MLBB

Semoga Guide ini bermanfaat, kalau ada yang perlu dikoreksi silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Postingan terkait:

18 Tanggapan untuk "Tigreal Gameplay, Guide, Build, Tips & Trik"

  1. Ane user tigre bro, ngebantu banget infonya.. Oiya kalo boleh nnya bang edwin, tank itu kan open war tapi kalo keadaan tim itu team work nya kurang yang ada cuma jadi tumbal doang.. Gimana ya solusinya?
    Kalo untuk WR sih lumayan 65% keatas wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas kalau mau open war, harus lihat situasi dan kondisi, kalau teman kita belum pada ngumpul atau belum pada siap biasanya mereka ga berani cover.

      Sebaiknya main dengan tim (mabar/party). Jadi kita bisa ngukur kekuatan temen kita, selain itu mereka juga tau kebiasaan open war kita bagaimana dan bisa ngimbangin soal covernya.

      Hapus
    2. Iya ane setuju bngt bro, lagipula skrng2 ini jarang banget user tank ketimbang dgn role lainnya.. Sekalinya ada misalkan dia ga terlalu nguasin cara main tank dan ditimnya itu ga ada tank mau ga mau salah satu ngalah, terus dia terpaksa untuk pake tank & ga terlalu nguasain yg ada cuma jadi tumbal doang. Intinya tank berpengaruh bngt di tim dan usernya itu jarang banget

      Hapus
  2. Peti mendali gak Isa di buka bang

    BalasHapus
  3. Mau tanya min ,
    Kalo kita mau kirim skin yg dpt dari jadiah bisa gak apa cuma pake diamond saja yg bisa , terus nanti kalo yg dapet dari hadiah bisa dikirim apakah skinnya akan hilang atau skin kita berkurang .. maaf newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane sih memang cuma yang pakai diamond yang bisa dikirim, kalau yang dari event ga bisa, setau ane lhoo.

      Ada juga kadang event buka peti dengan wakt terbatas, nah itu skin yang biasa bisa dikirim ke temen, tapi kalo skin epic/limitednya ga tau dah bisa dikirim apa ngga

      Hapus
  4. Mau tanya knapa aku masuk di daily login yang halaman event itu kalo sudah klaim hadiah hari ke enam pasti balik lagi ke hari ke satu gak pernah sampai hari ke tujuh knapa ya mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hal ini coba hubungi bagian CSnya gan,

      Customer Service:
      mobilelegendsgame@gmail.com

      Hapus
  5. Iya nih banyak yg memandang sebelah mata sama tank. Karena kill nya dikit lah. Atau poin akhir dpt dikit. Pdhal.tank adalah hero paling berpengaruh yg rela berkorban agar tim terlindungi dan bisa ngekill musuh banyak.tp pengorbannanya ga dihargai. Aku user tank.sialnya

    BalasHapus
  6. Iya nih banyak yg memandang sebelah mata sama tank. Karena kill nya dikit lah. Atau poin akhir dpt dikit. Pdhal.tank adalah hero paling berpengaruh yg rela berkorban agar tim terlindungi dan bisa ngekill musuh banyak.tp pengorbannanya ga dihargai. Aku user tank.sialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar gan, tetep semangat makai tank, ane juga user tank mino dan akai

      Hapus
  7. Gan hero tmen gk kelihatan hnya berupa cahaya gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena download game resourcenya belum komplit gan, ada indikatornya di pojok kanan bawah. tunggu dulu hingga 100%

      Hapus
  8. Gan ane mau tanya ko di sim 1 hp oppo pake kartu tri ga support yah. Padahl sinyal bgus. Tp klo di sim 2 lancar sedangkan ane mau nya di sim 1 karna buat aplikasi laen jg.

    BalasHapus
  9. Gan ko di hp oppo f1s kartu tri tidak suport ya di mobile legends sedangkan sim 2 lancar. Knp ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, saya kurang paham juga gan, soalnya saya sering main pakai kartu tri baik itu sim 1 dan 2, di hp xiaomi lancar jaya

      Hapus
  10. min mau tanya,kenapa hero diML saya kok tanda tanya semua,setelah data di storage android gak sengaja kena hapus,bagaimana cara aagar gak tanda tanya,...Hp belum diroot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reinstal via playstore gan, jangan lupa akun harus sudah di bind agar data profil agan tidak hilang

      Hapus